Selama Januari 2019, DBD di Baubau Mencapai 61 Kasus

122
sumber (gambar ilustrasi): belitongekspres.co.id
-Advertise-

Baubau, Inilahsultra.com – Kasus Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Baubau awal tahun 2019 ini sangat signifikan. Selama Januari sudah ada 61 kasus DBD.

Jika dibandingkan pada masa yang sama tahun sebelumnya, Januari 2018 lalu, DBD hanya ada 24 kasus. Sedangkan untuk total tahun 2018 kasus DBD sebanyak 98 kasus.

-Advertise-

“Kalau Februari datanya sementara direkap,” ujar salah seorang pegawai Pemberantasan Penyakit Menular (P2M) Dinas Kesehatan (Dinkes) di Kantor Dinkes Baubau, Senin 18 Februari 2019.

Sementara itu, Kepala Dinkes Baubau dr Edy Natsir mengatakan, berdasarkan keterangan petugas Dinkes yang melakukan Fogging (pengasapan), kasus DBD di Baubau terkesan ada peningkatan.

“Tapi ada namanya siklus lima tahunan. Memang pada Desember, Januari dan Februari diduga DBD itu meningkat. Tetapi untuk memastikan seseorang itu terkena DBD harus lewat pemeriksaan trombosit,” kata Edy di temui di Kantor Wali Kota Baubau.

Sebenarnya, lanjut Edy, memberantas demam berdarah itu sangat muda. Mana kala seseorang itu harus berperilaku hidup bersih dan sehat.

“Jadi nyamuk demam berdarah itu kita bisa berantas, daur hidupnya kita putuskan, jadi jentik-jentik nyamuk itu tidak akan hidup,” tukasnya.

Ia menambahkan, yang sering menjadi sasaran atau yang sering diserang DBD adalah usia anak, balita dan bayi.

Reporter: Muhammad Yasir
Editor: Din

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Monianse Optimis Baubau Jadi Area Bebas Korupsi

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here