Sampah Berserakan di Kota Kendari, Tamparan Keras Kota Peraih Adipura Kencana

Sampah berserakan di jalan protokol Kota Kendari.
Bacakan

Kendari, Inilasultra.com – Pemandangan tidak seperti biasanya terlihat di Kota Kendari. Banyak tumpukan sampah di Tempat Pembuangan Sampah (TPS) tak diangkut petugas kebersihan.

Bahkan, sebagian sampah masyarakat ini meluber hingga di jalan raya. Tentunya, situasi ini menjadi tamparan bagi Kota Kendari, peraih gelar Adipura Kencana.

-Advertisement-

Pantauan Inilahsultra.com, sampah yang terlihat di sejumlah titik baik jalan protokol maupun lorong-lorong dan pasar nampak dipenuhi tumpukan sampah yang menggunung.

Banyak sampah berserakan di jalan dan mengeluarkan aroma tidak sedap.

Salah seorang warga di jalan Oikumene, kelurahan Mandonga, Kecamatan Mandonga Kota Kendari yang tidak mau menyebutkan namanya mengatakan, sampah yang tertumpuk di bak sampah dan berserakan ini sudah hampir sepekan tidak diangkut oleh Dinas Kebersihan Kota Kendari.

“Biasanya itu pegawai kebersihan subu dan sore hari sudah terlihat mengangkut sampah, tapi saat ini sudah hampir satu minggu tidak ada yang kami lihat yang mengangkut sampah,” katanya.

Dirinya berharap, pemerintah agar segera mengangkut sampah yang sudah menumpuk dan kalau dibiarkan ini akan bertambah banyak dan pasti akan menganggu warga sekitar dan pengguna jalan.

“Itu saja harapan kami masyarakat, agar secepatnya dibersihkan. Sudahmi tanya yah, saya takut terlalu banyak berkomentar,” harapnya.

Dikonfirmasi kepada Kabid Persampahan Prayitno melalui telepon selulernya, ia tidak memberikan komentar. Dirinya hanya mengarahkan agar konfirmasi langsung ke Kepala Dinas Kebersihan.

“Saya lagi di luar ini, nanti ketemu langsung saja pak kadis yang berkomentar ya,” kata Prayitno.

Dikonfirmasi terpisah, Kepada Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari Pamimuddin, belum mau memberikan komentar terkait banyaknya sampah yang berserakan dalam kota.

“Tunggu dulu ya, saya lagi sibuk rapat bersama pak wali kota,” kata Paminuddin melalui telepon selulernya, Senin 25 Februari 2019.

Sampai saat ini belum ada kepastian informasi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan, terkait faktor apa yang menyebabkan sampah yang berserakan tidak diangkut oleh petugas kebersihan.

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments