Bawaslu Muna Identifikasi ASN yang Terlibat Kampanye Jokowi

1111
 

Kendari, Inilahsultra.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muna tengah mengidentifikasi aparatur sipil negara (ASN) yang diduga dimobilisasi untuk menghadiri acara kampanye Calon Presiden Joko Widodo di Kendari, Sabtu 2 Maret 2019 kemarin.

Sebelumnya, Jokowi datang di Kendari dengan dua tujuan. Kunjungan kerja kenegaraan sebagai Presiden RI dan kampanye sebagai Capres.

- Advertisement -

Ketua Bawaslu Muna, Al Abzal Naim mengatakan, pihaknya mendapatkan informasi adanya dugaan PNS dari Muna ikut dalam acara jalan santai yang notabene kegiatan politik Capres Jokowi.

“Saat ini kita lagi identifikasi siapa saja yang hadir,” katanya, Minggu 3 Maret 2019.

Menurut pria yang akrab disapa Bram ini, bupati tidak jadi soal ikut kampanye asal di hari libur. Kebetulan, kegiatan Jokowi kemarin bertepatan dengan hari libur.

“Karena mereka juga orang partai,” katanya.

Namun yang jadi soal adalah ASN. Menurutnya, PNS tidak boleh terlibat politik praktis apalagi mengenakan atribut yang identik dengan salah satu kandidat dalam kegiatan berbau politik.

“Kemarin itu ada kegiatan kampanye. Karena surat cuti Presiden izinnya kampanye. Jadi kalau ada pegawai yang ikut, patut diduga telah terlibat,” jelasnya.

Ia menyebut, pelibatan diri ASN dalam kegiatan politik telah dilarang oleh undang-undang. Baik Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 maupun UU ASN.

“Makanya, kami sementara data dulu. Kalau ada kami temukan, maka kami akan proses,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
Komentar
loading...