Dukcapil Buton Rampungkan Perekaman e-KTP

139
La Halimu

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) merampungkan proses perekaman dan pencetakan KTP elektronik (e-KTP) sehingga para pemilih dapat menggunakan kartu identitas saat Pemilu. Hal itu sesuai dengan perintah Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

Plt Kadis Dukcapil Buton La Halimu mengatakan, sudah menggelar dua putaran perekaman e-KTP. Hal itu dilakukan agar pemilih dapat menggunakan kartu identitas sebagai syarat menyalurkan hak suara pada saat pencoblosan nanti.

- Advertisement -

“Kami sudah dua putaran gelar perekaman September 2018 lalu dan awal tahun ini. Hal ini agar masyarakat yang gunakan e-KTP dapat menggunakan hak suara,” ujarnya, Selasa 12 Maret 2019.

Menurut La Halimu, e-KTP merupakan acuan data untuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu Serentak 2019. Pasalnya, mereka yang tidak mengantongi e-KTP akan kehilangan hak pilih.

“Maka segera masyarakat melakukan perekaman e-KTP. Silahkan melaporkan ke kantor desa atau kantor capil,” jelasnya.

Menurut dia, peran aktif masyarakat sangat penting, selain upaya menjemput bola dari jajaran Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil). Pasalnya saat ini ketersediaan blangko juga banyak mencapai 4000 keping.

“Kami mengimbau masyarakat aktif datang ke tempat – tempat pelayanan e-KTP yang sudah disiapkan pemerintah daerah,” paparnya.

Lanjut dia, untuk percepatan perekaman sudah dibentuk tim terpadu pelayanan e-KTP. Sejak putaran pertama dan kedua wilayah Kecamatan Pasarwajo dan Wabula sebanyak 457 yang sudah melakukan perekaman.

Untuk itu, bagi warga yang ingin mendapatkan e-KTP khususnya pemilih pemula maka segera mendatangi tempat pelayanan di desa dan kecamatan agar dapat menyalurkan suaranya pada tanggal 17 April nanti.

Reporter: Waode Yeni Wahdaniah

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Pendaftaran Ditutup Malam Ini, KPU Muna Baru Terima Lima Parpol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here