Izin Sudah Dicabut, PT Malindo Bara Murni Gandeng Perusahaan Lain Lakukan Penambangan Mangan

346
Ilustrasi

Pasarwajo, Inilahsultra.com – PT Malindo Bara Murni, perusahaan tambang mangan yang beroperasi di Desa Kumbewaha Kecamatan Siontapina Kabupaten Buton masih terus beroperasi. Sekalipun izin yang dikantongi sudah dicabut.

Kepala Bidang (Kabid) Penegakan Perda Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Buton La Ode Zahaba mengatakan, dari hasil temuan yang diperoleh, penambangan Mangan itu satu bulan terakhir dikelola oleh PT Arfah Indo Sarana dengan menggunakan IUP PT Malindo Bara Murni yang izinnya telah dicabut.

- Advertisement -

“Setelah kami cek kesana (Kumbewaha) kami temukan PT Arfah Indo Sarana melakukan aktivitas penambangan Mangan menggunakan IUP PT Malindo,” kata La Ode Zahaba, Selasa 12 Maret 2019.

Menurut Zahaba, meski saat ini kewenangan penambangan telah diambil alih provinsi, namun izin lingkungan atas pengelolaan tambang tidak terlepas dari campur tangan Pemkab Buton dalam hal ini Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

“Perusahaan itu telah dicabut izin lingkungannya sejak 2013 lalu.
Sesuai dengan amanat Undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang pengelolaan lingkungn, perusahaan yang melakukan aktivitas penambangan wajib melapor ke pemerintah setempat yaitu mengenai surat pernyataan pengelolaan lingkungan atau SPPL dua kali dalam setahun,” terangnya.

Lanjut Zahaba, pihaknya sudah mencoba melakukan konfirmasi langsung ke Direktur PT Malindo Bara Murni, Sofyan melalui via telepon. Dalam komunikasi itu, Sofyan mengaku sudah melakukan perpanjangan IUP ke Pemprov Sultra hingga tahun 2029. Sama halnya dengan pemberitahuan dan kewajiban kepengurusan izin lingkungan juga sudah selesai prosesnya di Pemkab Buton.

“Terhadap persoalan ini kami akan melaporkan kepimpinan kami dalam hal ini Kasatpol PP serta berkordinasi ulang dengan DLH Buton dan dinas terkait lainnya atas pengelolaan tambang Mangan di Kumbewaha ini,” jelasnya.

Baca Juga :  Permintaan Ali Mazi ke KPK : Jangan Biarkan Kami Masuk Jurang

Reporter: Waode Yeni Wahdaniah

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here