Kapal Penumpang Rute Baubau-Binongko Tabrak Karang hingga Alami Kebocoran

149
Tim SAR melakukan evakuasi terhadap penumpang dan awak KM Manusela 05 yang mengalami kecelakaan di Perairan Wakatobi. (Foto : SAR Kendari)

Kendari, Inilahsultra.com – Kapal Motor Manusela 05 GT 84 rute Baubau Binongko menabrak karang, Kamis 14 Maret 2019.

Karang itu diketahui terletak di sekitar Pulau Kapota Kabupaten Wakatobi.

- Advertisement -

Humas Search And Rescue (SAR) Kendari Wahyudi mengatakan, sekira pukul 07.30 WITA, pihaknya menerima informasi kecelakaan ini dari salah seorang penumpang kapal, Irma.

“Bahwa sekira pukul 04.30 WITA, KM Manusela 05 GT 84 rute Baubau-Binongko mengalami patah as kemudi sehingga menabrak karang yang mengakibatkan lambung kapal mengalami kebocoran,” kata Wahyudi, Kamis 14 Maret 2019.

Saat kapal mulai bocor, mesin penggerak sudah tidak bisa dihidupkan.

“Berdasarkan laporan tersebut pada pukul 07.40 WITA tim rescue Pos SAR Wakatobi diberangkatkan menuju TKM dengan menggunakan untuk memberikan bantuan SAR,” katanya.

Saat ini, lanjut dia, sebanyak 45 penumpang dan 6 ABK KM Manusela 05 dievakuasi ke KM Manusela 01 menuju Pelabuhan Binongko dengan pengawalan dari RIB Pos SAR Wakatobi.

“Pada pukul 15.20 Wita, seluruh korban KM Manusela 05 tiba di Pelabuhan Binongko dalam keadaan selamat. Dan pada pukul 16.40 WITA operasi SAR terhadap KM Manusela 05 yang mengalami patah as kemudi di perairan Wakatobi dinyatakan selesai dan ditutup,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Koltim Diganjar Penghargaan dari Badan Akreditasi Nasional

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here