Masuk Zona Merah, Kesbang Pol Mubar Bentuk Pengurus Lembaga Adat di Desa

270
Rapat pembentukan lembaga adat di tingkat desa Kabupaten Mubar.

Laworo, Inilahsultra.com – Dalam mengahadapi Pemilu 2019, Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbang Pol) Kabupaten Muna Barat (Mubar) membentuk lembaga adat di tingkat desa dan kecamatan, Sabtu 16 Maret 2019.

Pembentukan lembaga adat ini ditandai dengan tepat koordinasi yang dipimpin Kepala Kesbangpol Mubar La Ode Andi Muna, dihadiri camat, kepala desa, tokoh adat, tokoh pemuda dan tokoh masyarakat.

- Advertisement -

Pengurus lembaga adat di tingkat desa dan kecamatan ini, tersebar di tiga wilayah besar yakni Lawa Raya, Kusambi Raya dan Tiworo Raya

Kepala Dinas Kesbang Pol Mubar La Ode Andi Muna mengatakan, pembentukan pengurus lembaga adat tersebut dalam rangka memelihara situasi kamtibmas di wilayah Muna Barat menjelang pelaksanaan Pemilu serentak 2019.

“Kegiatan ini dalam rangka memantapkan kelembagaan adat khususnya di wilayah Muna Barat untuk keamanan dan ketertiban nantinya,” kata Andi Muna saat menyampaikan materi. Sabtu, 16 Maret 2019

Pada pilkada lalu, Mubar dinyatakan masuk zona merah. Melalui pembentukan pengurus lembaga adat ini, dinilainya sebagai langkah dalam mencegah situasi yang bergejolak di tengah masyarakat.

“Alhamdulillah kita bisa buktikan bahwa kita bisa mengendalikan masyarakat kita melalui lembaga-lembaga ini,” katanya.

Ia menyebut, berdasarkan pantauan di lapangan, yang masih menyandang status zona merah yaitu Kecamatan Kusambi (Desa Wakoila) dan Lawa Raya.

“Kami harapkan kepada para tokoh adat, tokoh pemuda dan masyarakat, agar bertanggung jawab di wilayah masing masing,” tutup Andi Muna.

Penulis : Muh Nur Alim
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Muat Jeriken BBM, Mobil Avanza Terbakar di MTQ Kendari

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here