PD Pasar Akan Ambil Alih Pengelolaan Tiga Pasar yang Ditangani BPPRD

630
 

Kendari, Inilahsultra.com – Perusahaan Daerah (PD) Pasar Kota Kendari akan mengambil alih pengelolaan Pasar Sentral Wuawua, Pasar Sentral Kota, dan Pasar Pedagang Kaki Lima (PKL) yang selama ini dikelola Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD).

“Kami sudah bertemu dengan pak wali kota terkait rencana penyerahan tiga pasar yang masih dikelola oleh Dispenda. Pada dasarnya pak wali kota mendukung sekali untuk menyerahkan ke PD Pasar,” kata Direktur PD Pasar Kota Kendari Asnar saat ditemui di Kantor Wali Kota Kendari, Rabu 20 Maret 2019.

- Advertisement -

Untuk memastikan layak dan tidaknya pasar dikelola PD Pasar, lanjut Asnar, Wali Kota Kendari telah membentuk tim dewan pengawas untuk melakukan kajian di lapangan.

“InsyahAllah dalam waktu dekat ini akan ada kebijakan dari dewan pengawas, dan kalau sudah ada hasil dari dewan pengawas kita tinggal menunggu kebijakan lanjutan dari wali kota,” katanya.

Berdasarkan peraturan daerah (Perda), sebut Asnar, semua pasar harus dikelola perusahaan daerah untuk menghindari tumpang tindih dalam pengelolaan di dalam pasar.

“Pada dasarnya kami siap mengelola semua pasar karena sudah sesuai perda, dan wali kota telah membantu kami dengan melakukan dulu kajian untuk menyehatkan pengelolaan pasar,” ucapnya.

Dalam penyerahan itu, kata Asnar, ada beberapa persayaratan yang harus diselesaikan, salah satunya PD Pasar harus menerapkan transaksi non tunai.

Sejak tahun 2018 kemarin penerapan transaksi non tunai sudah dirancang dan dipersiapkan. Hanya saja, ada beberapa kendala.

“Kami juga sudah menyusun langkah-langkah dalam menuju penerapan digitalisasi,” ucapnya.

Sebagai Direktur PD Pasar, dirinya sudah mengarahkan semua bawahannya bahwa semua laporan keuangan mulai dari uang masuk dan uang keluar tidak melalui kantor tapi melalui bank.

“Setelah dari hasil pedagang itu langsung di setor ke bank, ini juga untuk menghindari adanya permainan dalam pengelolaan hasil pasar,” katanya.

Untuk melancarkan penerapan sistem online dalam pengelolaan pasar, kata Asnar, PD Pasar akan membuat aplikasi dan saat ini telah membuat sistem pelatihan di internal.

Mereka juga akan bekerjasama dengan BPD Bank Sultra untuk membuat aplikasi.

“Rencana kami akan bertemu pihak BPD Bank Sultra dalam rangka penerapan digitalisasi untuk membuat aplikasi dalam mengontrol pengelolaan keuangan di setiap pasar di Kota Kendari,” tutupnya.

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1
Komentar
loading...