Utamakan Keselamatan Kerja, PT DSSP Power Kendari Raih Penghargaan Dari Pemprov SuItra

450
Pemprov Sultra menyerahkan penghargaan ke PT DSSP Power Kendari

Kendari, Inilahsultra.com – Sukses melaksanakan program Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), pada pembangunan IPP PLTU Kendari-3 berkapasitas 2×50 megawatt, PT DSSP Power Kendari yang terletak didaerah Tanjung Tiram, Kabupaten Konawe Selatan, meraih penghargaan dari Pemprov SuIawesi Tenggara (Sultra), Kamis 28 Maret 2019.

Penghargaan itu diberikan sebagai bentuk konsistensi pencapaian dalam lima juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja atau nihil kecelakaan, pada pembangunan PLTU yang juga anak usaha PT Dian Swastatika Sentosa Tbk (DSSA).

- Advertisement -

Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Sultra, Saemu Alwi mengatakan, penghargaan ini diberikan kepada PT DSSP Power Kendari, karena telah berprestasi menjaga keselamatan bagi para pekerja dan merupakan suatu prestasi yang dicapai oleh PT DSSP.

Penghargaan yang diberikan sudah ditandatangani oleh Gubernur Sultra, Ali Mazi.

“Ini menunjukan suatu komitmen PT DSSP yang telah mentaati peraturan perundang-undangan ketenagakerjaan nomor 13 tahun 2003, menyangkut keselamatan kerja,” ucap Saemu Alwi, saat ditemui usai memberikan penghargaan kepada PT DSSP.

Kata Saemu Alwi, sejak menjabat sebagai Kadis Nakertrans belum ada perusahaan yang mencapai hasil seperti PT DSSP.

Adapun perusahaan yang mencapai seperti ini, tetapi tidak melaporkan secara kontinu.

“Pentingnya pelaksanaan dan pengawasan K3, untuk meminimalkan risiko kecelakaan kerja yang berpotensi menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan, di samping meningkatkan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat,” bebernya.

Senada dengan itu, Direktur PT DSSP Power Kendari Awaludin Latif mengaku, sistem manajemen K3 sangat penting bukan saja untuk mengendalikan risiko kecelakaan kerja, tapi juga memaksimalkan efisiensi dan efektivitas kerja untuk mendukung peningkatan daya saing perusahaan.

“Saya ucapkan terima kasih, atas apresiasi yang diberikan Pemprov Sultra kepada PT DSSP Power Kendari,” kata Awaludin Latif.

Menurutnya, melalui penerapan sistem K3 secara konsisten dan berkesinambungan, risiko-risiko yang tidak diinginkan dan menimbulkan kerugian diharapkan dapat dicegah.

Penerapan sistem K3 ini sesuai dengan Undang-Undang No 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang mewajibkan setiap pengusaha melindungi tenaga kerja.

Untuk diketahui, hingga akhir Maret 2019, Proyek IPP PLTU Kendari-3 telah berhasil melakukan sinkronisasi awal dan uji coba pembebanan ke jaringan PLN untuk unit 1.

Sementara unit 2 memasuki tahap komisioning akhir. Saat ini IPP PLTU Kendari-3 dalam proses penerbitan Sertinkat Laik Operasi (SLO). Proyek IPP PLTU yang dibangun di atas lahan seluas 16 ha ini diharapkan dapat beroperasi secara komersial pada 2019.

Penyerahan pengharagaan diberikan langsung oleh Kepala Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja Provinsi Sultra Saemu Alwi kepada perwakilan manajemen PT DSSP Power di Kendari. Disaksikan oleh perwakilan PT PLN (Persero), Kecamatan Moramo Utara, dan Kepala Desa setempat.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...