Pencuri Rumah Kosong di Ranomeeto Ditangkap, Uang Curian Digunakan Main Judi

644
Tersangka pencurian spesialis rumah kosong ditangkap Polsek Ramomeeto.

Kendari, Inilahsultra.com – Pelaku pencurian rumah kosong di Kecamatan Ranomeeto, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) diciduk aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Ranomeeto.

Pelaku diketahui bernama Herlin alias Lin merupakan warga Desa Amokuni, Kecamatan Ranomeeto. Pelaku tak berkutik saat ditangkap polisi, Rabu 5 Maret 2019 siang kemarin.

- Advertisement -

Kapolsek Ranomeeto, IPTU Silvia menuturkan, awalnya pelaku hendak ke rumah temannya yang tidak jauh dari rumahnya. Karena teman pelaku tidak berada di tempat, lalu ia menuju ke salah satu rumah yang ditinggal oleh penghuninya.

“Rumah tersebut milik Uwale, kondisi rumah korban dalam keadaan kosong,” kata Silvia saat ditemui di Mako Polsek Ranomeeto, Senin 1 April 2019.

Mengetahui kosong, pelaku masuk ke rumah tersebut melewati pintu belakang dengan dengan cara mencungkil pintu menggunakan parang. Kemudian pelaku mencongkel lemari dan mengambil uang Rp 31 juta serta satu pasang anting-anting emas.

“Uang hasil curiannya dipakai untuk main judi, miras dan untuk berfoya-foya,” terangnya.

Perwira dengan dua balok di pundak itu melanjutkan, dari tangan pelaku polisi berhasil mengamankan barang bukti uang tunai sisa dari hasil kejahatan pelaku.

‘Uang yang kami amankan Rp 20 juta lebih sedangkan uang sudah dipakai oleh pelaku sekitar Rp 9 juta,” tuturnya.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, pelaku disangkakan pasal 363 Kitab Undang-undang Hukum Pidana (KUHP) tentang pencurian dengan ancaman 5 tahun penjara.

Kini pelaku dijebloskan ke dalam sel tahanan Polsek Ranomeeto sambil menunggu proses selanjutnya.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...