Angkat Isu Limbah Sekam Padi, MAN 1 Kolaka Raih Juara Nasional Karya Ilmiah

148
Dua siswa berprestasi MAN 1 Kolaka didampingi guru pembimbingnya

Kendari, Inilahsultra.com – Siswa Madrasah Aliyah (MAN) 1 Kolaka, Sulawesi Tenggara menjadi juara tiga Nasional pada kegiatan seminar chemurgy Innovation Summit 2019 yang dilaksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Bionergi dan Kemurgi Institut Teknolgi Bandung, Sabtu 6 April 2019.

Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kolaka diwakili oleh Khumaerah dan Nabila Salsabillah. Mereka merupakan satu-satunya perwakilan peserta dari Wilayah Sulawesi, dan mampu meraih prestasi sebagai juara tiga Nasional pada kegiatan itu.

- Advertisement -

“Kami bersaing dari 10 peserta dari wilayah di seluruh Indonesia, dan alhamdulilah mampu meraih juara tiga, dan hasil ini sangat membanggakan karena kami merupakan peserta dari wilayah Sulawesi yang mampu bersaing dengan daerah lain di Pulau Jawa dan Bali,” ungkap Hera, Selasa 9 April 2019 melalui rilisnya kepada Inilahsultra.com.

Di babak final, MAN 1 Kolaka, berhasil meraih juara ke tiga usai bersaing dengan SMAN 5 Denpasar sebagai Juara I dan SMA Al Hikmah asal Surabaya sebagai juara II dan beberapa sekolah unggulan terbaik di Indonesia.

Sementara itu, guru pembimbing yang mendampingi Rasna, menjelaskan, siswa MAN 1 Kolaka ini, berhasil meraih juara III usai di babak final memaparkan karya Ilmiahnya yang berjudul RE-USAP, Rice Husk Soap Sebagai Upaya Manifest dalam meningkatkan nilai guna limbah sekam padi.

Sebelum dilaksanakan seminar ini, seluruh SMA mengikuti seleksi nasional dan panitia menetapkan sebanyak 10 sekolah menjadi peserta lomba karya tulis ilmiah Chemurgy Innovation Summit 2019.

Kompetisi dan seminar ini mengangkat tema “potensi biomassa Indonesia dalam mewujudkan kemandirian ekonomi”.

Diharapkan agar pemuda dapat memahami potensi besar biomassa Indonesia serta dapat mengelolah dengan bijak.

Acara ini juga diharapkan menjadi wadah kolaborasi para pemuda, pihak swasta dan pemerintah untuk membangun negeri dengan memanfaatkan kekayaan alam biomassa Indonésia demi tercapainya kemandirian ekonomi.

Baca Juga :  Efek PCC, Budi Waseso Masuk Sultra

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here