Dua Caleg PKS Resmi Tersangka, Berkasnya Dilimpahkan ke Jaksa

119
Ketua Bawaslu Kota Kendari Sahinuddin (kiri) dan anggota Bawaslu Kota Kendari La Ode Hermanto (kanan) usai memeriksa ASN yang terlibat politik praktis.
-Advertise-

Kendari, Inilahsultra.com – Dugaan pelanggaran pidana pemilu dua calon anggota legislatif (Caleg) PKS terus diproses oleh Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) Kota Kendari.

Dua caleg dimaksud adalah Sulkhoni, Caleg DPRD Sultra dapil Kota Kendari dan Riki Fajar Caleg DPRD Kota Kendari Dapil Kambu-Baruga.

-Advertise-

Sejauh ini, dua caleg dimaksud, telah menyandang status tersangka oleh Gakkumdu.

Anggota Bawaslu Kota Kendari La Ode Hermanto mengaku, berkas kedua tersangka sudah dilimpahkan penyidik kepolisian ke kejaksaan.

“Polisi sudah lakukan tugasnya, berkasnya sudah dilimpahkan ke kejaksaan. Kita tunggu hasil kajian jaksa seperti apa,” jelas Hermanto, Sabtu 13 April 2019.

Rencananya, lanjut Hermanto, kedua tersangka akan dihadirkan di kejaksaan pada Senin besok guna memberikan keterangan lebih lanjut.

Menurut Hermanto, bila kajian jaksa sama dengan penyidik polisi, maka kasus ini bisa naik di pengadilan.

“Tapi, kita tunggu dulu hasil kajian jaksa,” ujarnya.

Dalam kasus ini, dua Caleg PKS disangkakan melanggar pasal 280 Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang mengikutsertakan ASN dalam acara kampanye politik.

Menurut Hermanto, apabila peserta pemilu terbukti mengikutkan ASN dalam kampanye, maka sanksinya pidana.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  DPRD Muna Gagas Raperda Penertiban Hewan Ternak

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here