Tiga Terpidana Korupsi KPK Akan Memilih Di Lapas Baruga Kendari

136
La Ndolili
-Advertise-

Kendari, Inilahsultra.com – Tiga terpidana kasus korupsi di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dipastikan akan menyalurkan hak pilihnya di Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Baruga Kendari pada Rabu 17 April 2019 besok.

Ketiganya adalah dua mantan Wali Kota Kendari Asrun dan Adriatma Dwi Putra (ADP) serta Bupati Buton Selatan nonaktif Agus Feisal Hidayat.

-Advertise-

Ketiganya, diketahui telah mendapatkan formulir A5 atau pindah memilih dari TPS asal.

Kepastian ketiganya memiliki formulir A5 diungkapkan anggota KPU Kota Kendari La Ndolili, saat ditemui di tengah distribusi logistik di gudang KPU Kota Kendari, Selasa 16 April 2019.

Khusus Asrun dan ADP, sebut La Ndolili, terdaftar di DPT Kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga Kota Kendari.

“Jadi, ketika kami membuatkan A5, kami konfirmasi ke petugas di sana dan ternyata hak politik mereka tidak dicabut,” kata La Ndolili.

Ia menyebut, putusan pengadilan terhadap keduanya hanya dicabut hak dipilihnya, bukan hak memilih.

“Putusannya itu, terdakwa 1 dan 2 itu untuk terdakwa dipilih dalam jabatan publik. Hak untuk dipilihnya dicabut dua tahun setelah menjalani hukuman,” jelasnya.

Dengan mengantongi formulir A5, maka ADP dan Asrun boleh menyalurkan hak pilihnya di TPS 14 Kelurahan Baruga atau di Lapas Baruga Kendari.

Meski boleh memilih, Asrun dan ADP tak bisa mencoblos calon anggota legislatif DPRD Kota Kendari. Sebab, ia pindah memilih di daerah pemilihan berbeda.

Di TPS asalnya, ia terdaftar di Kecamatan Mandonga atau Dapil Kendari 1 Mandonga-Puuwatu. Sedang di TPS tujuan di Kecamatan Baruga masuk Dapil Kendari IV Kambu-Baruga.

“Mereka hanya bisa memilih presiden dan wakil presiden, DPD RI, DPR RI dan DPRD Sultra,” tuturnya.

Selain ADP dan Asrun, di Lapas Baruga juga terdapat tahanan KPK lainnya. Yakni, Agus Feisal Hidayat yang juga Bupati Busel nonaktif.

Baca Juga :  Ibu Hamil Dapat Hadiah Kulkas di Acara Pemilu Run KPU Sultra

Ia juga telah mengantongi formulir A5 untuk menyalurkan hak pilihnya di TPS Lapas Kendari.

Berdasarkan data KPU Kota Kendari, di TPS Lapas Baruga Kendari terdapat 173 pemilih masuk DPT. Kemudian ada 103 orang masuk dalam DPTb.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here