Quick Count THI : Dua Inkumben DPR RI Bertahan dan Empat Wajah Baru

404
Enam kandidat diprediksi mengisi enam kursi DPR RI Dapil Sultra

Kendari, Inilahsultra.com – The Haluoleo Institute (THI) merilis hasil quick count atau hitung cepat Pemilu 2019, Kamis 18 April 2019.

Dari enam kursi DPR RI yang disiapkan untuk Dapil Sultra, tak ada satu pun partai mendapatkan dua kursi. Padahal, dalam survei THI sebelum Pemilu digelar, memprediksi Demokrat dan PDI Perjuangan masing-masing bisa mendapat dua kursi.

- Advertisement -

Namun, situasi politik yang berubah termasuk perolehan suara yang hampir merata, membuat enam kursi diisi enam partai berdasarkan sainte lague murni.

Enam partai itu adalah Golkar, PDI Perjuangan, Gerindra, Demokrat, PAN dan NasDem.

Khusus Golkar, Gerindra, Demokrat dan PAN menjadi partai yang konsisten mengantarkan kadernya ke senayan.

Sedang dua partai baru yang tahun lalu gagal melenggang, mendapatkan tempat di senayan. Adalah PDI Perjuangan dan Nasional Demokrat. Kedua partai ini menggeser PPP yang pada Pemilu 2014 lalu mendapat satu kursi.

Perlu diketahui, pada Pemilu 2014 lalu, Dapil Sultra hanya 5 kursi. Lahirnya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, jatah kursi Sultra bertambah satu, menjadi enam.

Pada Pemilu kali ini, Golkar, Gerindra, PAN dan Demokrat, tampak konsisten tetap menempatkan kadernya. Hanya saja, dari empat partai itu, hanya satu inkumben yang bertahan berdasarkan hitung cepat THI.

Adalah Ridwan Bae. Meski ia harus bersaing dengan Leny Surunuddin dalam perebutan satu kursi. Basis politik Ridwan tidak tergerus khususnya di wilayah Pulau Muna.

Sedangkan Tina Nur Alam, statusnya bukan inkumben. Ia baru keluar dari PAN yang mengantarkannya duduk di parlemen pada 2014 lalu. Kini, ia menjadi perwakilan dari NasDem dan berpotensi duduk.

Sedang empat wajah baru berdasarkan hasil quick count dari The Haluoleo Institute yang diumumkan pada Kamis 18 April 2019 malam, adalah Hugua, Rusda Mahmud, Fachry Pahlevi Konggoasa dan H Imran.

Baca Juga :  Terkait Jalan di Sultra, Amin Ngabalin : Lebih Bagus Jalanan di Papua

“Wajah lama di DPR RI masih di isi oleh Ridwan Bae dari Partai Golkar dan Tina Nur Alam dari Partai NasDem,” kata Direktur The Haluoleo Institut, Naslim Sarlito Alimin dalam keterangan resminya.

Dari enam orang yang diprediksi lolos, Fachry Pahlevi Konggoasa memperoleh suara tertinggi secara individu.

Putra Bupati Konawe itu memperoleh suara sebanyak 76,1 persen. Disusul Rusda Mahmud sebanyak 61,7 persen.

Sedangkan Ridwan Bae di urutan ke tiga dengan perolehan suara sebesar 52,8 persen. Lalu, Ir Hugua berada sebanyak 44,8 persen dan terakhir Tina Nur Alam dengan suara sebanyak 37,9 persen.

Sarlito mengestimasi, Golkar memiliki suara terbanyak dengan jumlah 16,4 persen, kedua Demokrat sebanyak 14,5 persen, PDIP 13,06 persen, PAN sebanyak 12,5 persen, Gerindra sebanyak 11,2 persen, NasDem 7,4 persen, PKS 6,1 persen, PKB 5,1 persen dan sisanya memperoleh di bawah 4 persen.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here