Lomba 10 Program PKK, Kades Matobura Harap Wakili Muna di Tingkat Provinsi Sultra

384
Kades Matombura Alias saat memberikan sambutan di hadapan para tim penilai lomba 10 Program PKK.

Raha, Inilahsultra.com-Kepala Desa Matombura Alias mengaku dalam mengikuti lomba 10 program PKK mewakili kecamatan Bone, pihaknya melakukan persiapan apa adanya tanpa ada persiapan yang signifikan.

 

- Advertisement -

Meski demikian, semangat warganya bangkit dan berkembang seperti warga desa lainnya.

 

Menurutnya, pembangunan infrastruktur di desanya tidak menonjol. Ia lebih fokus pada pembangunan SDM.

 

“Dalam mengikuti lomba ini, partisipasi desa kami bisa bangkit dan berkembang seperti hal desa lain. Pembangunan infrastruktur kami belum butuhkan namun yang terutama pembangunan SDM sehingga mengarah pada peningkatan ekonomi masyarakat,” kata Alias, Selasa, 30 April 2019.

Ia menyebutkan, sejak tahun 1996 mekar dari Desa Wale Ale Kecamatan Tongkuno masyarakatnya sangat tertinggal hingga kurang mendapat perhatian pemerintah.

“Alhamdulillah saat ini pembangunan dan kesejahteraan masyarakat mulai nampak,” tuturnya.

Pria yang telah menjabat selama 3 periode inu menyampaikan, tidak ada persiapan buku administrasi desa. Namun mengharapkan arahan dari tim penilai sehingga kedepannya bisa melakukan perubahan.

“Berikan kesempatan pada kami sehingga bisa mengikuti lomba provinsi. Karena berbicara masalah  administrasi desa bisa bersaing dengan desa lain,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Camat Bone, Majid Usman mengatakan pelaksanaan lomba yang diselenggarakan setiap tahun yang diikuti 6 desa dan 2 kelurahan yang mewakili setiap kecamatannya.

“Kepala Desa Matombura telah menyiapkan diri dari jauh hari sebelum hari H penilaian. Apapun hasil penilaian tim dari kabupaten, kami tetap syukuri sebab kami telah menampilkan apa adanya,” ucapnya.

Majid menambahkan, bahwa masyarakat Matombura sebagian pergi merantau sehingga banyak rumah yang tidak ditempati.

Ketua tim penilai kabupaten, La Ode Ntata menyampaikan bahwa sejak masuk Desa Matombura, telah melihat banyak perubahan, baik kebersihan lingkungan hingga pemadatan rumah warga.

“Dulu sebelum di mekar dengan Desa Wale Ale Kecamatan Tongkuno, Desa Matombura masih hutan belum banyak rumah, sekarang alhamdulillah bangunan rumah sudah banyak dan bersih,” urainya.

Dengan dipilihnya desa Matombura mewakili kecamatan Bone agar masyarakatnya menjalin kebersamaan dalam melakukan perubahan.

“Kalau sudah ikut lomba desa, pasti masyarakat ada kebersamaan melakukan perubahan sehingga kelihatan tertata dan bersih,” imbuhnya.

Reporter : Iman

Editor      : Aso

 

 

 

 

 

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...