Santroni Puluhan Rumah, Dua Residivis Kembali Ditangkap

95
Dua tersangka (baju biru) kembali ditangkap dalam kasus pencurian.

Kendari, Inilahsultra.com – Dua residivis spesialis pencuri rumah kosong berinisial IA dan DE kembali diringkus oleh Subdit III Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Direktorat Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Setiap beraksi, keduanya terlebih dahulu memantau situasi di rumah yang akan menjadi target. Mereka beraksi bukan hanya di Kota Kendari, tetapi juga di Kota Makasar.

- Advertisement -

Kasubdit III Jatanras Ditreskrimum Polda Sultra, Kompol Robby Topan Manusiwa mengatakan, dari hasil penyelidikan ada 10 rumah yang sudah disatroni oleh kedua pelaku di Kota Kendari dan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel). Bahkan hingga ke Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Mereka ini merupakan residivis spesialis rumah kosong dan spesialis pencurian nasabah,” terang Robby Topan Manusiwa, Kamis 9 Mei 2019.

Mantan Kapolsek Mandonga itu melanjutkan, kedua pelaku berhasil diringkus, Sabtu 4 Mei 2019. Selain pelaku petugas juga berhasil mengamankan barang bukti berupa Handphone 20 unit, senjata tajam (Sajam) jenis parang tiga buah dan alat untuk mencongkel pintu, jendela dan jok motor.

“Modusnya mencari rumah kosong yang ditinggal oleh penghuninya saat mudik dan melaksanakan shalat taraweh, saat itulah para pelaku beraksi,” bebernya.

Perwira dengan satu melati dipundak itu mengimbau masyarakat Sultra khususnya kota Kendari, sebelum meninggalkan rumah pastikan keadaan rumah dalam posisi aman atau menitip rumah kepada tetangga.

“Sebelum meninggalkan rumah, pastikan rumah dalam keadaan aman. Apabila akan melaksanakan sholat taraweh agar menitip rumah kepada tetangga yang tidak melaksanakan taraweh,” ucapnya

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, kedua residivis disangkakan Pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman tujuh tahun penjara dan UUD darurat satu tahun penjara.

Penulis : Onno

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Selama Tahun 2018 BNN Muna Ungkap 4 Kasus Narkoba, Sita 5,41 Gram Sabu

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here