Bangkitnya Kekuatan PKB di Bumi Anoa

1684
Jaelani saat berpose bersama Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar

Kendari, Inilahsultra.com – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tak boleh dianggap sepeleh dalam kontestasi Pemilu 2019 di Sultra.

Perolehan kursi partai besutan Muhaimin Iskandar ini mulai mewarnai kancah politik Bumi Anoa.

- Advertisement -

Pleno KPU tingkat kabupaten atau kota sudah berlalu. PKB mampu meraih 34 kursi di DPRD kabupaten atau kota se-Sultra.

Jumlah ini terbilang meningkat dibanding Pemilu 2014 lalu yang mana capaian PKB hanya 29 kursi.

Pengurus DPW PKB Sulawesi Tenggara, Jaelani mengaku, meski ada beberapa daerah yang mengalami turbulensi, namun dapat ditutupi di daerah lain.

Misal, Buton Utara, dari 1 kursi menjadi 3 kursi. Kemudian Bombana dari tak ada kursi, melesat menjadi 3 kursi.

“Sebetulnya 4 kursi, ini masih mau menggugat,” kata Jaelani, Minggu 12 Mei 2019.

Kemudian, Kabupaten Konawe Kepulauan, dari 2 kursi menjadi 3 kursi. Lalu, Muna dari 3 kursi menjadi 4 kursi. Baubau, menunjukkan progres signifikan dari 2 kursi menjadi 3 kursi.

Selain di tingkat kabupaten atau kota, PKB juga mulai angkat bendera di level DPRD provinsi. Jika sebelumnya hanya 1 kursi, PKB bisa meraih 3 kursi di Pemilu 2019.

Dari 3 kursi yang diperoleh, satu kursi diraih di daerah pemilihan Sultra III, Muna-Muna Barat dan Buton Utara. Dapil ini boleh dibilang “neraka” bagi peserta pemilu.

Sebab, hanya 6 kursi yang disiapkan dan setiap pemilu, PKB selalu absen dalam perolehan kursi di dapil ini.

Meski dianggap muskil, PKB mampu menunjukkan taringnya sekaligus dapat diperhitungkan di kancah politik lokal Sultra. Selain di Muna, PKB juga meraih kursi di dapil Buton Raya dan Kolaka Raya.

“Kami mengucapkan rasa syukur terhadap capaian ini, tentu tidak terlepas dari kerja-kerja caleg ditambah dengan struktur partai,” katanya.

Baca Juga :  BKPPD Buton Dinilai Tidak Profesional

Pria yang akrab disapa Bang Jay ini menegaskan, PKB berkomitmen untuk senantiasa istiqomah membela kepentingan rakyat, sebagaimana jargon partai advokasi dangan visi politik rahmatan lil alamin.

“Atas nama PKB Sulawesi Tenggara, kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Sultra yang telah memilih dan menyalurkan aspirasinya pada Partai kebangkitan Bangsa,” ungkap Jaelani.

PKB Patut Diperhitungkan di Pilkada

Capaian kursi PKB di DPRD tingkat kabupaten atau kota tentu menjadi hal yang patut diperhitungkan oleh para kandidat yang akan bertarung di Pilkada 2020.

Di Sultra, ada 7 daerah yang akan menggelar Pilkada. Yakni, Muna, Wakatobi, Buton Utara, Kolaka Timur, Konawe Selatan, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan.

Diantara tujuh daerah ini, PKB memastikan akan mendorong kadernya untuk tarung.

Menurut Jaelani menegaskan bahwa PKB memiliki mekanisme partai dan mengutamakan kadernya.

“Insya-Allah PKB akan mendorong kader terbaiknya dalam perhelatan Pilkada mendatang. PKB sangat yakin akan memberi warna baru dalam dinamika politik Sulawesi Tenggara,” pungkasnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
5

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here