Bahas Kemampuan Pengembalian Dana Pinjaman, Pemkab Muna Konsolidasi dengan Kemendagri

274
Sukarman Loke.

Raha, Inilahsultra.com– Pemerintah Daerah (Pemda) Muna tengah melakukan konsolidasi dengan pihak Kemendagri untuk menyatukan perhitungan kemampuan pengembalian pinjaman di Bank Sultra dan Bank Jawa Barat senilai Rp 96 miliar.

Pemda Muna terus melakukan upaya untuk mendapat persetujuan Kemendagri mengenai pinjaman tersebut. Di mana, belum lama ini telah dilakukan pertemuan dengan Dirjen Kemendagri guna membahas persoalan jangka waktu pengembalian pinjaman.

- Advertisement -

“Hari Jum’at lalu bersama pak bupati ketemu dengan pak dirjen melakukan konsolidasi hitungan, tehnik hitungan DCR (kemampuan daerah mengembalikan pinjaman),” kata Asisten II Pemda Muna, Sukarman Loke saat ditemui di ruang kerjanya, Senin 13 Mei 2019.

Persoalan berapa yang disetujui, Sukarman mengaku belum diketahui secara pasti.

“Yang jelasnya saat ini melakukan tahapan konsolidasi perhitungan dengan Mendagri,” ucapnya.

Ia menyebutkan, setelah konsolidasi baru mendapat gambaran apakah Pemkab Muna mendapat pinjaman atau tidak.

“Yang paling krusial mengenai BCR, di sini ada perbedaan analisa perhitungan dengan Mendagri sehingga dalam waktu dekat akan melakukan konsolidasi hitungan,” ujar Sukarman.

Mantan Kadis Perindag Muna inu menguraikan, dana itu nantinya diperuntukan untuk pembangunan pasar, rumah sakit serta pemenuhan kebutuhan dasar seperti pembangunan jaringan air.

Sukarman menegaskan, meski sudah memakan waktu yang cukup lama dalam pengurusan pinjaman tersebut, akan tetapi ia menegaskan hal itu tidak serta merta ada asumsi kalau pinjaman itu batal, sebelum keluar rekomendasi dari Mendagri.

“Pinjaman ini tidak ada kaitannya dengan pilpres. Sebab syarat teknis dalam pinjaman tidak perna dikaitkan dengan politik, ini hanya persoalan pemikiran sebagian orang,” tegasnya.

Sukarman mengungkapkan, kendalanya hanya transisi aturan dari PP nomor 30 tahun 2011 berakhir 21 Desember ke PP nomor 56.

Baca Juga :  KPU Sultra dan Sultra Demo Gelar Sosialisasi di Daerah Rawan Konflik

Reporter : Iman

Editor      : Aso

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here