Modal Kuku Kaki, Polisi Berhasil Ungkap Kasus Pembuangan Bayi di Muna

1062

Kendari, Inilahsultra.com – Kasus penemuan bayi yang sudah tidak bernyawa di Kali Latampu di Kecamatan Parigi, Kabupaten Muna, 20 Februari 2019 lalu berhasil diungkap oleh Tim Sandro dan Satreskrim Polres Muna. Hanya bermodalkan kuku kaki bayi, terduga pelaku pembunuhan itu berhasil diungkap.

Pelakunya tak lain adalah ibu kandung dari bayi tersebut berinisial WA (20). Wanita tersebut sempat diamankan namun dilepaskan karena tidak mengakui dan tidak ada barang bukti yang menguatkan.

- Advertisement -

Untuk meyakinkan polisi, WA bersedia diambil sampelnya untuk menjalani tes DNA.

Saat ditemui Inilahsultra.com, Dokter Forensik Rumah Sakit Bhayangkara Kendari Kompol Dr dr Mauluddin menceritakan proses pengungkapan kasus penemuan bayi itu. Ia mengatakan, karena pelaku tidak mengakui perbuatannya, polisi melakukan proses penyelidikan secara ilmiah dengan mengambil sampel kuku kaki dan tulang kaki bayi untuk dilanjutkan dengan test DNA.

“Kami menggali informasi di Desa Latampu dan melakukan pemeriksaan terhadap bidan di puskesmas. Dari sana diketahui bahwa ada orang yang datang cek kehamilan sekitar bulan September 2018. Berdasarkan informasi itu maka dicurigai WA sebagai pemilik bayi,” jelas Mauluddin, Senin 13 Mei 2019.

Namun pelaku tetap juga tidak mengakui. Maka polisi kemudian melakukan tes DNA bayi 9 bulan itu atas inisiatif dari Automatic Finger Print Identification System (INAFIS) Polres Muna.

Waktu itu, kata Mauluddin, ditemui tanda-tanda bayi itu ditenggelamkan. Lalu sampel DNA dikirim ke Pusdokkes Mabes Polri.

“Setelah hasilnya sudah ada, hasil DNA itu identik anak dari terduga WA dengan tingkat kebenarannya 99,9 persen,” ungkapnya.

Tim Sandro, yang dikomandoi Dokter Forensik Kompol Dr dr Mauluddin bersama tim reserse Polres Muna, berhasil menangkap WA di Kendari.

Baca Juga :  Jasad Bayi Perempuan Ditemukan Tergeletak di Bak Sampah Dekat Puskesmas Jati Raya Kendari

Wanita ini ditangkap dalam gubuk di hutan dengan jarak yang begitu jauh di Kecamatan Puwatu, Lorong Pasir Putih, pada Minggu malam kemarin.

Setelah ditangkap, wanita ini kemudian dibawa ke Polres Muna untuk menjalani pemeriksaan.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here