Direktur Operasional PT CME Ditipu Orang yang Mengatasnamakan PT VDNI

1467
Direktur Operasional PT Citra Mitra Energi (CME) Eddy Freddy.

Kendari, Inilahsultra.com – Dian Ekawati, salah satu perempuan yang mengaku sebagai karyawan PT Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) di Desa Morosi, Kecamatan Morosi, Kabupaten Konawe diduga telah melakukan penipuan kepada Direktur Operasional PT Citra Mitra Energi (CME) Eddy Freddy hingga ratusan juta rupiah.

Eddy Freddy menceritakan, pada awal Mei 2018 dirinya diperkenalkan kerabatanya dengan Dian Ekawati di Hotel Clarion Kendari. Pada saat itu Dian Ekawati mengaku sebagai karyawan PT VDNI dengan jabatan sebagai Deputi Kontraktor Manager yang menangani proyek penimbunan.

- Advertisement -

“Pada saat itu Dian Ekawati memperlihatkan kartu anggota sebagai karyawan yang menangani masalah proyek timbunan di VDNI. Pada saat itu kita percaya karena ada kartu anggota,” kata Eddy Freddy di kantornya, Selasa 14 Mei 2019.

Dalam pertemuan itu, Dian Ekawati menjanjikan kepada Eddy Freddy sebuah proyek pekerjaan penimbunan yang ada di Kabupaten Konawe dengan syarat harus menyerahkan sejumlah uang untuk keperluan sarana dan prasarana dalam mendapatkan proyek tersebut.

Setelah pertemuan itu, kata Eddy Freddy, melakukan survei ke proyek VDNI yang ditunjukan langsung oleh Dian Ekawati di area pabrik, area timbunan dan area pengambilan tanah dan area jetty di dalam kawasan VDNI dengan bebas tanpa adanya pemeriksaan securiti

Hal ini pun membuat Eddy yakin. Lantas keduanya melakukan pembicaraan lebih terarah dan menyepakati beberapa syarat.

Yakni, membayar penerbitan surat perjanjian kontrak Rp 10 juta, biaya pembuatan base camp Rp 200 juta dan biaya floting area timbunan Rp 80 juta. Semua ini harus diselesaikan sebelum kendaraan dan alat sampai di lokasi.

“Kemudian meminta lagi sejumlah uang dengan urusan perlengkapan proyek,” bebernya.

Lanjut pada 29 November 2018 kontrak kerja diterbitkan oleh PT VDNI dibawa langsung oleh Dian Ekawati untuk diserakan kepada Eddy Freddy di Hotel Suite Kendari dengan disaksikan langsung Direktur Utama PT CME Anton Basuki.

Atas dasar kontrak itu, PT CME melakukan persiapan lapangan dengan memobilisasi alat dan armada. Sembari melakukan klarifikasi pihak PT VDNI Mister Jack, untuk menandatangani kontrak.

Namun, Eddy begitu terkejut dengan pernyataan Mister Jack bahwa PT VDNI tidak pernah menerbitkan surat kontrak kepada PT Citra Mitra Energi melalui Dian Ekawati. PT VDNI pun menyebut kontrak tersebut palsu.

Setelah mendapat penjelasan dari pihak VDNI melalui Mister Jack, ia langsung mencari keberadaan Dian di rumahnya di jalan Abdul Silondae Kota Kendari. Hanya saja, Dian tidak berada di tempat. Nomor telepon yang dimiliki sudah tidak bisa tersambung lagi.

“Dengan kejadian tersebut kami merasa telah ditipu daya dengan iming-iming pekerjaan timbunan proyek di VDNI oleh Dian Ekawati dan uang yang telah diberikan kepada Dian Ekawati kalau ditotalkan sejumlah Rp 466 juta tidak lagi kembali dan proyek tersebut tidak ada dan dinyatakan palsu,” jelasnya.

Dengan kejadian ini, dirinya melapor di Polres Kendari dengan nomor : STPL /127/IV/2019/Res Kendari, dan saat ini Dian Ekawati telah ditangkap dan ditahan di Polres Kendari.

Untuk itu, ia berharap pihak kepolisian bisa melakukan pemeriksaan lebih mendalam dengan kasus ini. Pasalnya, menurutnya seorang mengaku sebagai karyawan di perusahaan terbesar seperti VDNI pasti ada kerja sama dengan oknum-oknum tertentu.

“Saya duga pasti ada yang bekerja sama dengan Dian Ekawati ini, karena pada waktu kita masuk di VDNI aksesnya dia bebas tinggal masuk saja tanpa ada pemeriksaan sama satpam. Kalau orang biasa saja pasti ditahan dulu dan ditanya di pos satpam dan pengakuan dirinya sebagian uang disetorkan kepada salah satu oknum di VDNI,” jelasnya.

Informasi yang dapatkan dari Mister Jack, kata Eddy Freddy, Dian Ekawati bukan karyawan dari PT VDNI, hanya mengatasnamakan dan tanpa diketahui oleh VDNI.

“Tapi timbul pertanyaan saya, dia mau ambil dimana itu kartu anggota, stempel perusahaan dan kop surat yang jelas-jelas dari VDNI. Jadi, kasus ini akan saya perjuangkan apapun yang terjadi dan yang lebih jelasnya nanti tanya sama pihak kepolisian sampai di mana perkembangan mengupas kasus ini,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...