Ini Besaran Zakat Fitrah dan Infaq Kota Kendari

70

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari bersama Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kendari menetapkan besaran zakat fitrah Idulfitri 1440 Hijriah 2019 sebesar Rp 37 ribu per-orang.

Adapun hasil penetapan zakat fitrah tahun 2019 ini bervariasi mulai dari beras kualitas terbaik Rp 37 ribu, beras super dan beras kepala Rp 32 ribu, beras ciliwung dan sejenisnya Rp 29 ribu, beras dolok Rp 28 ribu. Kemudian kalau untuk masyarakat yang menkonsumsi ubi, jagung dan sagu sebesar Rp 20 ribu.

- Advertisement -

“Ini kesepakatan dari semua komponen tidak akan ada perubahan, tinggal kita menunggu pak wali kota untuk mengeluarkan surat edaran,” kata Ketua Baznas Kota Kendari H Alimuddin K di kantor Wali Kota Kendari, Rabu 15 Mei 2019.

Lanjut Alimuddin, pihaknya juga mengimbau setiap kepala keluarga dianjurkan mengeluarkan infaq sebesar Rp 10 ribu.

“Disamping kita untuk membayar zakat fitrah, kita keluarkan juga untuk berinfaq sebesar Rp 10 ribu,” katanya.

Untuk pengumpulan zakat fitrah, lanjutnya, ada unit pengumpulan zakat yang telah dipercayalan dengan diberikan surat keputusan (SK) dari Baznas Kota Kendari.

“Mereka yang menerima dan mereka juga yang mengeluarkan kepada fakir miskin,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua PBHI Kendari Alamsyah Lotunani mengatakan, untuk penyaluran zakat fitrah harus mengutamakan yang fakir setelah itu baru yang miskin.

“Fakir itu warga kita yang memang tidak bisa memenuhi kewajiban hanya sampai seperdua dari kewajiban yang dibutuhkan, sedangkan miskin itu memenuhi kewajibannya tiga perempat di atasnya fakir,” jelasnya.

Ketua Koni Kota Kendari ini mengimbau kepada masyarakat Kota Kendari agar dalam mengimplementasikan ajaran agama selalu ikhlas khususnya dalam mengeluarkan harta yang dimiliki untuk berzakat dan berinfaq.

Baca Juga :  Tingkatkan PAD, Pemkot Kendari Akan Pasang Alat Perekam Transaksi Keuangan

Penulis : Haerun

Silahkan berikan komentar
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here