Rekapitulasi di KPU RI : Panas di Sultra, Tuntas di Pusat

77
Pose bersama usai pleno rekapitulasi di tingkat KPU RI. (foto KPU Sultra)

Kendari, Inilahsultra.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sultra akhirnya menuntaskan seluruh rangkaian pleno rekapitulasi mulai dari tingkat TPS hingga KPU RI.

Pada pleno tingkat provinsi, situasi sempat berlangsung alot. Rekapitulasi beberapa KPU kabupaten harus ditunda karena adanya protes dari saksi peserta pemilu. Belum lagi adanya rekomendasi Bawaslu Sultra terhadap perbedaan data pemilih untuk jenis pemilih DPK.

- Advertisement -

Namun, hingga batas waktu yang ditentukan 12 Mei 2019, KPU dan Bawaslu Sultra menuntaskan seluruh tahapan Pemilu tingkat provinsi.

Terakhir, pada 15 Mei 2019 bertempat di Kantor Komisi Pemilihan Umum RI pukul 10.45 WIB, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara menghadiri kegiatan rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara dan penetapan hasil Pemilu 2019 tingkat Nasional.

Berdasarkan undangan KPU RI, perwakilan KPU Provinsi Sulawesi Tenggara dihadiri oleh 5 komisioner dan 2 pejabat/staf sekretariat.

Ketua KPU Sultra La Ode Abdul Natsir Moethalib dalam rilisnya mengaku, pihaknya telah membacakan rekap hasil penghitungan perolehan suara PPWP, DPR RI, dan DPD RI.

Pembacaan hasil rekapitulasi tingkat provinsi dilakukan oleh Iwan Rompo Banne selaku Koordiv Teknis mewakili KPU Provinsi Sultra.

“Alhamdulillah, tepat pukul 12.30 WIB, rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara tingkat provinsi Sulawesi Tenggara Pemilu Tahun 2019 telah dinyatakan sah dan diterima pada rekap perolehan suara tingkat Nasional,” kata Natsir dalam rilisnya.

Dengan demikian, seluruh hasil Pemilu di Sultra telah diterima oleh seluruh peserta pemilu.

Nantinya seluruh hasil Pemilu 2019, akan ditetapkan secara bersamaan oleh KPU RI pada 22 Mei 2019.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  KPU RI Tak Batalkan Proses Seleksi KPU Kolaka-Koltim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here