THR dan Gaji 13 Tak Akan Dibayar Bersamaan

92
Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Sultra, Ririn Kadariah.

Kendari, Inilahsultra.com – Aparatur sipil negara (ASN) bersiap menerima double gaji dari pemerintah dalam waktu dekat. Kementrian Keuangan menyebutkan bahwa negara telah menyiapkan alokasi anggaran dalam APBN untuk persiapan pembayaran gaji 13 dan tunjangan hari raya (THR) aparat sipil negara (ASN), TNI Polri atau atau pegawai lain tahun 2019.

Namun, pembayaran gaji 13 dan THR ASN ini tidak dilakukan secara bersamaan pada bulan ini.

- Advertisement -

Hal ini disampaikan Kepala Kanwil Dirjen Perbendaharaan Sultra, Ririn Qadariah pada sejumlah media belum lama ini.

“Mekanismenya akan ditransfer bertahap dengan prioritas utama adalah pemberian THR. Disusul bulan berikutnya adalah gaji 13. THR dibayarkan dengan metode langsung,” jelas Ririn.

Ada alasan mengapa pemerintah menolak menyalurkan THR dan Gaji 13 secara bersamaan.

Kata Ririn, berdasarkan analisis masyarakat Indonesia cenderung bersifat boros. Terutama ketika memperoleh kelebihan gaji. Inilah mengapa pemerintah memilih mengatur distribusi THR dan gaji 13 ASN.

THR diperuntuk memenuhi kebutuhan belanja yang membengkak selama periode lebaran. Sementara gaji 13 sengaja dikucurkan pemerintah guna subsisdi finansial keluarga ASN yang cenderung meningkat momen penerimaan siswa baru atau masuk sekolah.

“Kalau dibayar sekaligus bulan ini, bisa cepat habis dibelanjakan untuk lebaran. Jadi bertahap. THR dulu kemudian gaji 13. Karena kan setelah lebaran ada lagi kebutuhan mau masuk sekolah, belanja kebutuhan pendidikan. Jangan sampai dibayarkan sekaligus justru dihabiskan juga sekaligus,” urai Ririn panjang lebar.

Khusus THR tahun 2019, pembayaran mulai dilaksanakan tanggal 24 Mei 2019. Di Sultra, anggaran yang disiapkan untuk menyambut Idulfitri ASN mencapai Rp 150 miliar.

Besaran THR diterima, terang Ririn dikalkulasi berdasarkan jumlah gaji pokok, tunjangan keluarga, tunjangan jabatan plus tunjangan kinerja.

Baca Juga :  Harry Parfum Kendari Buka Puasa Bersama Anak Yatim Piatu dan Warga Sekitar

“Kalau gaji 13 itu dibayarkan di bulan Juli,” pungkas Ririn.

Penulis : Siti Marlina

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here