Kendala Mudik Lebaran Menuju Mubar Tahun Ini adalah Infrastruktur Jalan

297

Laworo, Inilahsultra.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muna Barat (Mubar) menpredikisi kendala lebaran tahun ini adalah masalah infrastruktur jalan yang masih rusak.

Hal ini berdasarkan survei yang sudah ditinjau tiap dermaga penyebrangan di tiga kabupaten yakni Muna, Mubar dan Buton Tengah.

- Advertisement -

Survei terpadu itu dilakukan bersama Mabes Polri, Kementrian Perhubungan, Kementrian PU dan Perumahan Rakyat, Dinas PU Provinsi Sultra dan Dinas Perhubungan Provinsi Sultra.

Kepala Dinas Perhubungan Kab Mubar, Ali Hanafi mengatakan, fokus survei beberapa lembaga itu dilakukan di Pulau Muna dan Pulau Buton.

Infrastruktur jalan yang dilalui pemudik, baik di darat dan di laut terus dipantau.

“Kami masing-masing kabupaten menunggu di wilayah masing-masing,” jelasnya, Rabu 16 Mei 2019.

Secara umum yang mengganggu kenyamanan transportasi mudik, kata dia adalah infrastruktur jalan.

“Berbicara transportasi tidak lepas kesiapan dengan daerah lain. Misalnya kita lakukan pengecekan persiapan mudik dari pelabuhan Tampo,” kata Hanafi, Kamis 17 Mei 2019.

Akses jalan dari Tampo Kabupaten Muna menuju Tangkumaho Mubar misalnya, pemudik diprediksi akan terganggu dengan kondisi infrastruktur jalan.

Sedangkan dari Bandara Sugimanuru ke Raha, akses jalan yang kurang bagus adalah di bagian Desa Wakadia dan Dana.

Bagi yang lewat di Buteng yang akan mengganggu para pemudik ada di wilayah di Desa Wantiworo, Laiba, Wakumoro, kemudian masuk ke kecamatan Tongkuno Desa Tombula sampai dengan di perbatasan Liano Saa dan Desa Labasa.

Terus yang melalui jalur jalan provinsi yang jalannya cukup parah itu dari titik Lakapera sampai dengan Lombe Kabupaten Buton Tengah.

“Ini kita berbicara mengenai kenyamanan pengemudik,” katanya.

Ia menyebut, bagi yang melewati penyeberangan jalur Tondasi tujuan ke Raha, akses jalannya secara umum sudah baik.

Baca Juga :  10 KK Transmigran Asal Jawa Barat Akan Tiba di Mubar

Untuk jalan kabupaten jalur Pelabuhan Pajala, dari Bombana Kasipute, infrastruktur jalan yang tidak bagus ada di Desa Pajala, Sangia Tiworo Mubar kemudian Desa Kabangka sampai dengan Lupia Kabupaten Muna.

“Saya imbau bagi pengemudik yang terutama melewati dari Bandara Sugimanuru yang ke Kabawo, Tongkuno, Buteng agar berhati-hati,” ungkapnya.

Penulis : Muh Nur Alim
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here