Pinjaman Belum Disahuti Kemendagri, Rajiun Curiga Ada Unsur Politik di Pilkada Muna

1225
Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada

Laworo, Inilahsultra.com – Dana Pinjaman sebesar Rp 200 miliar yang sudah diajukan Pemerintah Kabupaten Muna Barat ( Mubar) belum disahuti oleh Dirjen Kementrian Keuangan.

Sebelumnya, usulan pinjaman tersebut telah disetujui oleh DPRD Mubar. Rencananya dana itu akan digunakan untuk pembangunan jalan ringroad dan Rumah Sakit Umum Daerah Mubar.

- Advertisement -

Terkait dana pinjaman itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Syarifuddin Udu menyebut, rencana pinjaman dana yang diajukan Pemda Mubar tersebut layak untuk diterima.

Namun, seiring berjalannya waktu, dana pinjaman yang diajukan itu makin tidak jelas. Pasalnya, dirjen Kemendagri RI belum menyahuti.

Bupati Mubar LM Rajiun Tumada pun menduga, tidak dimuluskan keinginannya itu ada hubungannya dengan Pilkada Muna 2020.

Sebab, Dirjen Kemendagri RI Sarifuddin Uddu digadang-gadang maju di Pilkada Muna.

“Demi kepentingan politik di Muna dia hapus kita semua. Muna Barat untuk saya, Muna untuk Rusman. Modipikir mungkin mau diganggu di Muna,” kata Rajiun saat ditemui di acara Safari Ramadan yang di gelar di masjid Al Jami Kelurahan Wamelai, Kecamatan Lawa, Senin 21 Mei 2019.

Namun pada kesempatan itu juga, mantan politikus PAN itu berjanji kepada warga bahwa jalur jalan Ringg Road Laworo dipastikan akan diaspal tahun 2019 ini.

“Insya-Allah menyangkut dana pinjaman dan sebagainya, Mubar mungkin agak tertunda sedikit. Tetapi tanpa mereka jalan ringg road tahun ini akan selesai sepanjang 26 kilometer dengan menggunakan aspal hotmiks. Insya-Allah akhir bulan ini sudah mulai dikerjakan,” jelas Rajiun.

Ia merinci, jalur yang akan diaspal nanti mulai dari Desa Wuna menuju Lafinde. Kemudian, Lafinde-Maperaha. Lalu, Maperaha-Guali, Gulai – Lapokainse, Lapokainse – Lakawoghe, Lakawoghe – Kawakami sampai dengan Tiworo.

Baca Juga :  Jabatan Sekda Kosong, Arhawi Lantik Kepala BKPSDM

“Insya-Allah untuk sementara kita aspal dulu yang sebelah kanannya, lebarnya 6 meter panjangnya 26 kilometer dengan ketinggian mungkin hampir setengah meter,” pungkasnya.

Penulis : Muh Nur Alim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here