Idulfitri, PMI Sultra Bentuk Tim Relawan Kesehatan

290
Ketua PMI Sultra Abdurrahman Saleh.

Kendari, Inilahsultra.com – Palang Merah Indonesia (PMI) Provinsi Sulawesi Tenggara terus meningkatkan kualitas dan memperkuat konsolidasi antarpengurus hingga ke level relawan.

Sebagai bentuk partisipasi dan kepedulian pada momen perayaan Idulfitri tahun ini, pengurus PMI Sultra membentuk tim relawan kesehatan.

- Advertisement -

Ketua PMI Sultra, Abdurahman Saleh menyatakan, tim relawan kesehatan disiagakan di sejumlah titik keramaian di Kota Kendari. Diantaranya di terminal, pelabuhan dan jalan.

Relawan PMI tersebut mulai aktif bekerja melayani pemudik dan masyarakat umum pada saat H-7 Idulfitri hingga usai perayaan hari lebaran.

“Kita membuka posko aduan dan kontak person, nah dari situ kita berharap setelah bulan Ramadan ini kita akan membangun peningkatan kualitas PMI,” ujar Abdurahman Saleh di sela kegiatan buka puasa bersama di Kantor PMI Sultra, Selasa 28 Mei 2019.

Abdurahman Saleh membeber sejumlah program terbaru PMI yang tengah berjalan. Diantaranya adalah revitalisasi fisik rumah sakit PMI Sultra.

Infrastruktur kesehatan milik organisasi nirlaba itu kini tengah digenjot sehingga bisa naik status menjadi tipe C

Sejalan dengan itu, rumah sakit PMI juga menambah service medis baru. Yakni layanan klinik bersalin dan Unit Transfusi Darah (UTD). Tujuannya adalah memaksimalkan stok kantong darah PMI sehingga mencapai target di atas 1.200 kantong hingga 2.000 kantong.

“Itu menjadi target kita, yang juga menjadi tugas pokok bagi pengurusan saat ini. Dengan begitu masyarakat bisa merasakan manfaatnya karena PMI adalah milik seluruh masyarakat Sultra,” jelas Ketua DPRD Sultra itu.

Rehabilitasi RS PMI dilakukan secara bertahap. Program perbaikan fisik diprediksi rampung bulan depan.

Politikus PAN yang kembali terpilih pada Pileg 2019 itu menyatakan anggaran rehabilitasi gedung PMI berasal dari Pemprov Sultra dan sumbangan dari relawan-relawan.

“Kepada seluruh komponen pengurus di seluruh kabupaten dan kota se-Sultra agar secara terus menerus meningkatkan kualitas mutu kerja dengan terus mengidentifikasi wilayah yang rawan bencana. Tugas PMI atas nama kemanusiaan yang sifatnya donor darah, agar teman-teman kepengurusan bertanggung jawab penuh membangun rasa kemanusiaan sekaligus mencegah, mengantisipasi menanggulangi dan menangani korban-korban bencana-bencana yang ada di seluruh wilayah Sultra,” tuturnya.

Penulis : Siti Marlina

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...