Menteri Amran Copot Distributor Pupuk di Konawe

565
Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman berdiskusi dengan petani saat kunjungan kerja ke Kabupaten Konawe.

Kendari, Inilahsultra.com – Menteri Pertanian RI, Amran Sulaiman menginstruksikan pencopotan salah satu distributor pupuk saat melakukan lawatan kerja di Kebupaten Konawe, Rabu 29 Mei 2019.

Perintah tegas ini muncul setelah salah satu petani mengeluh tentang kelangkaan pupuk di tingkat distributor yang terdapat di Konawe.

- Advertisement -

Saat itu, Menteri Amran yang tengah mengadakan audiensi dengan Pemda Konawe. Ia lantas mempersilahkan sejumlah petani turut menyampaikan unek-unek terkait produksi padi.

Tak menyia-nyiakan kesempatan emas itu, beberapa pun berlomba menyuarakan keluhan perolehan pupuk. Selain langka, harga pupuk di Konawe juga mengalami kenaikan.

Mendengar hal tersebut, Amran Sulaiman lantas mempersilahkan perwakilan petani naik ke panggung dan mengutarakan langsung masalah kesulitan memperoleh pupuk.

“Ada pupuk terus tidak mengalir. Telpon bosnya sekarang. Ganti distributornya. Copot. Aku pastikan ditolak. Petani tidak boleh diabaikan,” tegas Amran.

Kata dia, mustahil terjadi kelangkaan pupuk di tingkat petani. Pasalnya, hasil laporan menyebutkan suplai kebutuhan pupuk terbilang cukup tinggi dan lancar di kabupaten lumbung beras Sultra tersebut.

Ia mencurigai ada yang tidak beres di level distributor sehingga petani meneriakkan kelangkaan pupuk.

“Tidak mungkin ada keterlambatan. Petani tidak boleh diabaikan,” sambung Amran.

Sikap tegas Mentan era Jokowi ini sebagai bentuk komitmen pemerintah mendukung penuh kinerja petani yang telah memberi sumbangsih besar terhadap pemenuhan suplai pangan Indonesia.

Sebagai ujung tombak, lanjut Amran, harusnya petani mendapat service prioritas. Terutama ketika ada keluhan soal proses produksi pangan.

Pemecatan distributor yang lalai menjamin pasokan pupuk di tingkat petani sekaligus sebagai pelajar agar stakeholder terkait tak main-main lagi dengan berbagai masalah pertanian yang terjadi di level bawah. Termasuk dengan kebijakan pro rakyat pemerintah pusat.

“Teriakan semacam ini selalu saya sambut,” ujar Amran.

Pada kunjungan kerja hari itu, Menteri Amran didampingi Bupati Konawe, Kery S Konggoasa, Bupati Konawe Utara dan unsur Forkopimda Konawe berkesempatan menyambangi kawasan persawahan padi di Kecamatan Uepai.

Selain mendengarkan keluh kesah petani, Menteri Pertanian itu turut membagikan bantuan pertanian pada sejumlah kelompok tani di Konawe.

Penulis : Siti Marlina

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...