Pelajar SMP Mubar Wakili Sultra di Olimpiade Sains Matematika Tingkat Nasional

104
Rahmat Nur Hidayat (13), pelajar SMP Negeri 1 Kusambi, Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat (Mubar) bakal mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di ajang olimpiade sains nasional (OSN) tingkat Nasional.

Laworo, Inilahsultra.com – Rahmat Nur Hidayat (13), pelajar SMP Negeri 1 Kusambi, Kecamatan Kusambi Kabupaten Muna Barat (Mubar) bakal mewakili Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di ajang olimpiade sains nasional (OSN) tingkat Nasional.

Sebelumnya, remaja asal Desa Guali itu telah mengikuti seleksi OSN di bidang ilmu Matematika tingkat provinsi yang diikuti dari 17 kabupaten kota pada 2018 lalu. Alhasil, berkat kegigihan dan perjuanganya, ia berhasil mewakili Sultra di tingkat Nasional.

- Advertisement -

Berdasarkan surat yang dikeluarkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 1841/D3/TU/2019 pada 22 Mei 2019 lalu, pelajar kelas 2 SMP itu bakal mengikuti OSN bidang Matematika tingkat nasional yang yang diselenggarakan di Kota Yogyakarta pada 30 Juni 2019 mendatang.

Tentu ini prestasi gemilang yang ditorehkan Hidayat yang dipersembahkan untuk kedua orang tua dan guru-guru yang selalu membibingnya. Termasuk Pemerintah Daerah Mubar.

Hal ini diakui Kepala Bidang Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan Mubar, La Umbas.

“Terimakasih kepada kepala sekolah dan guru pembimbing yang telah memberikan pembinaan sehingga bersangkutan bisa mewakili Mubar di tingkat Nasional,” ungkap La Umbas tidak lain anak kandungnya sendiri melalui Pesan Whatsappnya, Jumat 31 Mei 2019.

Prestasi anaknya itu, kata dia, tidak lepas dari dukungan penuh pemerintah setempat baik secara materi maupun non-materi kepada pelajar yang perprestasi baik tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional.

Selain ahli dalam ilmu eksata, Hidayat juga dikenal mahir dalam olahraga bela diri karate.

La Umbas menutirkan, anaknya selalu menerapkan sumpah karate yakni memelihara kepribadian, semangat disiplin, sopan santun, mempertinggi prestasi dan menguasai diri.

“Itu menjadi kebiasaan yang dilakukan dan alhamdulillah juga menular pada prestasinya dalam olimpiade Matematika,” katanya.

Baca Juga :  Mahasiswa UHO "Berburu" Mikoriza di Hutan Pinus Kantor Gubernur Sultra

Mantan juara I guru idola tingkat Provinsi Sultra tahun 2007 ini juga menuturkan, bupati selalu memberikan reward dan penghargaan dalam bentuk beasiswa pendidikan kepada pelajar yang berprestasi secara akademik maupun non-akademik.

“Ini wujud apresiasi pemerintah melalui visi misi bupati dalam menciptakan pendidikan yang berkualitas dan berdaya saing,” pungkasnya.

Penulis : Muh Nur Alim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here