KPU Butuh Dana Awal Rp 2,5 Miliar untuk Pilkada Butur

156
Ketua KPU Butur Hasruddin menyerahkan berita acara penetapan DPTHP-2 kepada ketua Bawaslu Butur, Hazimuddin beberapa waktu lalu.

Buranga, Inilahsultra.com – Kabupaten Buton Utara (Butur) merupakan salah satu daerah yang akan menggelar Pilkada pada tahun 2020 mendatang. Sesuai jadwal, tahapan Pilkada akan dimulai pada bulan September 2019 ini.

Ketua KPU Butur Hasruddin, SE mengatakan, anggaran pelaksanaan Pilakda Butur sudah diusulkan ke pemerintah daerah sebesar Rp 20 Miliar. Namun usulan itu belum disetujui karena menunggu pembahasan dalam APBD Perubahan tahun 2019 ini.

- Advertisement -

“Untuk dana awal penyelenggaraan tahun 2019 ini kita butuh sekitar Rp 2,5 Miliar. Sisanya nanti dalam APBD tahun 2020,” katanya saat ditemui di kediamannya, Jumat malam 31 Mei 2019.

Menurut Hasruddin, dana sebesar Rp 2,5 Miliar akan digunakan untuk proses perekrutan penyelenggara ditingkat kecamatan. Proses itu dimulai pada tahun 2019 ini.

“Paling tidak pada tahun 2019 ini, kita siapkan gaji mereka untuk satu bulan. Supaya tidak mengganggu tahapan lainnya,” jelasnya.

Hasruddin mengakui, anggaran Pilkada Butur tahun ini lebih besar dari Pilkada sebelumnya. Pasalnya, semua logistik Pilkada menggunakan bahan baru, tidak menggunakan logistik sebelumnya.

“Memang anggaran besar karena kotak suara dan bilik suara satu kali pakai. Tidak bisa gunakan yang sebelumnya,” tandasnya.

Hasruddin mengungkapkan, untuk memantapkan penyelenggaraan Pilkada kedepan, KPU Sultra akan menggelar rapat koordinasi (Rakor) usai lebaran. Rakor itu akab diikuti KPU tujuh daerah yang akan menggelar Pilkada.

Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Tes di Baubau, Pemkab Butur Belum Bersurat ke Wali Kota

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here