Besok, Rumah Warga Gunung Jaya Buton yang Terbakar dan Rusak Dibangun

1394
Gubernur Sultra Ali Mazi, Pangdam IX Hasanuddin Mayjend TNI Surawahadi, dan Kapolda Sultra Brigjend Pol Irianto saat bertemu dengan warga korban kerusuhan, Jumat 7 Juni 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – 87 Rumah warga Desa Gunung Jaya Kecamatan Siontapina Kabupaten Buton yang terbakar dan rusak akan mulai diperbaiki, besok, Sabtu 8 Juni 2019.

Hal itu diungkap Gubernur Sultra Ali Mazi saat mengunjungi lokasi pengungsian warga di Desa Laburunci, Jumat 7 Juni 2019.

- Advertisement -

Rumah warga Desa Gunung Jaya terbakar dan rusak sebagai akibat bentrokan antara warga Desa Gunung Jaya dan Desa Sampoabalo, Rabu 5 Juni 2019.

“Saya berpihak kepada warga, namun berikan waktu dan kesempatan untuk menindak oknum yang melakukan hal tidak terpuji ini,” kata Ali Mazi.

“Hari ini gubernur bersama Pangdam juga berada ditengah masyarakat, ini luar biasa. Sampai Pangdam berada di Buton. Ini kita syukuri mendapat perhatian yang luar biasa,” tambah Ali Mazi.

Menurut Ali Mazi, dengan adanya permintaan pendirian Polsek dan Koramil di lokasi konflik, berarti aparat TNI/Polri akan terus melakukan penjagaan selamanya. Aparat negara itu akan memberikan rasa aman kepada masyarakat.

Untuk itu, lanjut dia, masalah penegakan hukum harus diserahkan kepada Kapolda dan Dandrem. Tugas gubernur akan menyempurnakan bangunan yang sudah rusak.

“Kabar baiknya dari Kementerin besok mendapat bantuan bahan bangunan. Isi hunian sementara, usaha ekonomi produktif, dan ada santunan kepada para ahli waris. Ini baru dari pemerintah pusat, belum dari gubernur,” ungkapnya.

Ali Mazi menjamin rumah besar dan kecil akan berdiri kembali seperti semula. Hari ini kehadiran Dinas Sosial, Dinas Perumahan Rakyat, dan Kesbangpol untuk membantu warga.

“Yang penting percaya, jaga harmonisasi jangan ada jago sana dan jago sini. Insha Allah ada kesuksesan dibalik itu. Saya minta bantuan kepada Pangdam dan Kapolda juga teman Brimob untuk menbangun, tapi sesuai rumahnya masing-masing. Kalau tadinya papan tentu akan dibangun papan yang penting dapat dihuni kembali,” tuturnya.

Baca Juga :  Dugaan Tindakan Asusila Kades Labunti Terhadap Mahasiswa KKN Resmi Dilaporkan di Polres Muna

Ali Mazi juga mengingatkan warga agar tidak mendengarkan pihak-pihak yang mencoba melakukan provokasi. Pasalnya, warga dua desa yang bertikai sama-sama mendiami Pulau Buton.

Tidak hanya itu, Ali Mazi juga mengingatkan agar para pemuda tidak cepat meluapkan emosi.

“Sampaikan kepada tokoh masyarakat, tokoh agama agar ikut membantu mendamaikan suasana. Warga yang bertikai harus saling memaafkan dan saling berpelukan,” tandasnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania
Editor: Din

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here