81 Terduga Pelaku Pembakaran Rumah di Buton Diamankan dan Dibawa ke Polda Sultra

2617
Pelaku kerusuhan di Buton diamankan Polda Sultra

Kendari, Inilahsultra.com – Bentrok antarwarga di Kabupeten Buton, Sulawesi Tenggara (Sultra), polisi telah mengamankan 81 orang terduga pelaku pembakaran rumah. Penangkapan itu terjadi, Sabtu 8 Juni 2019 sekira pukul 07.30 – 09.30 WITa.

Kabid Humas Polda Sultra, AKBP Harry Goldenhardt mengatakan, sebanyak 81 orang yang diamankan masih status terperiksa dan akan dilakukan pemeriksaan agar ketahuan peran masing-masing terduga pelaku.

- Advertisement -

“Akan diperiksa dulu ya, nanti hasil dari BAP yang akan dilakukan baru terlihat jelas peran masing-masing,” terang Harry.

Harry melanjutkan, para terduga pelaku ini akan dibawa di Kota Kendari pada hari ini untuk menjalani pemeriksaan dengan melalui jalur laut dan diperkirakan tiba di Kendari sekira pukul 15.00 WITa.

“Kemudian mereka (terduga pelaku) langsung dibawa di Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra),” ucapnya.

Untuk diketahui, bentrok terjadi berawal, Selasa 4 Juni 2019 lalu, sekira pukul 20.00 WITa, puluhan pemuda Desa Sampuabalo konvoi dengan menggunakan kendaraan roda dua dengan menggunakan kenalpot resing dan memainkan gas motor. Sehingga membuat masyarakat Desa Gunung Jaya tak terima karena merasa terganggu.

Lalu, beberapa menit kemudian konvoi kembali di Desa Sampuabalo melewati Desa Gunung Jaya, ketika sampai di pertigaan Desa Sampuabalo dan Desa Gunung Jaya masa yang melakukan konvoi sambil berteriak. Sehingga masyarakat Desa Gunung Jaya tidak terima hingga terjadi keributan antara pemuda di dua desa tersebut.

Dalam kerusuhan itu, sebanyak 87 rumah terbakar berikut kendaraan roda dua dan empat milik warga. Kemudian terdapat dua korban meninggal dunia dan 8 orang mengalami luka-luka akibat sabetan senjata tajam.

Peristiwa ini juga membuat ribuan masyarakat mengungsi di kecamatan tetangga karena dikhawatirkan terjadi keributan susulan.

Baca Juga :  BNNK Baubau Amankan Enam Paket Sabu, Lima Paket Siap Edar

Penulis : Onno
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here