Pemkot Kendari Akhirnya Bangun Posko Kesehatan untuk Korban Banjir di Lepolepo

47
Pemkot Kendari akhirnya membangun pokso kesehatan untuk korban banjir Sungai Wanggu

Kendari, Inilahsultra.com – Senin 10 Juni 2019 kemarin korban banjir di Kelurahan Lepo-lepo, Kecamatan Baruga mulai ada yang jatuh sakit. Mereka ikut mengeluhkan tidak adanya posko layanan kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Kendari.

Setelah ada keluhan dari korban banjir, akhirnya pada Selasa 11 Juni 2019,
Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari mendirikan tenda posko layanan kesehatan dari Dinas Kesehatan Kota Kendari.

- Advertisement -

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari Rahminingrum mengatakan, pelayanan kesehatan untuk korban banjir di kali Wanggu itu dilakukan sejak pertama kali terjadi banjir, meskipun kemarin-kemarin itu belum ada posko yang didirikan.

“Sejak pertama banjir kami langsung kerahkan tiga puskemas untuk menangani korban banjir kali Wanggu yang jatuh sakit,” kata Rahminingrum saat dihubungi, Selasa 11 Juni 2019.

Dalam melayani kesehatan korban banjir, pihaknya melibatkan tiga puskesmas, yakni Puskesmas Lepolepo, Puskesmas Jati Raya dan Puskesmas Mokoau. Mereka siap siaga di posko kesehatan dengan dibagi tiga sif.

“Kalau pagi Puskesmas Jati Raya, siang dan sore Puskesmas Mokoau dan malam Puskesmas Lepolepo. Jadi, kami berikan pelayanan di posko kesehatan selama 24 jam untuk korban banjir,” jelasnya.

Lanjutnya, setiap puskesmas yang bertugas harus menyiapkan tenaga kesehatan sebanyak 5 orang, mobil ambulans dan obat-obatan.

“Kewajiban 3 puskesmas ini harus menyiapkan tenaga kesehatan, ambulans dan obat-obatan,” katanya.

Terhadap 7 korban banjir yang jatuh sakit, Rahminingrum menyebut kondisinya sudah baik, ada yang sudah beraktivitas.

“Alhamdulilah kondisi sudah membaik, memang faktor cuaca saat ini tidak bersahabat dan penyakit seperti demam, batuk dan flu mudah menyerang warga,” jelasnya.

Ia mengimbau kepada korban banjir, jika ada gejala-gejala yang akan menimbukan penyakit agar segera memeriksakan diri di posko kesehatan Kota Kendari yang membuka layanan 24 jam.

Baca Juga :  Ridwan Bae Meminta PT VDNI Setop Gunakan Jalan Pemerintah

“Dan jangan lupa juga untuk selalu menggunakan air bersih agar terhindar dari penyakit gatal-gatal dan tetap mengatur pola makan sehari-hari,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here