30 Peserta Siap Jadi Pemandu Wisata di Buton

57
30 pemandu wisata alam mengikuti pelatihan, Senin 17 Juni 2019.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – 30 peserta pelatihan pemandu wisata alam (Selam) mulai mengikuti kegiatan pelatihan yang dibuka langsung Bupati Buton La Bakry di salah satu hotel di Pasarwajo, Senin 17 Juni 2019.

Bupati Buton La Bakry mengatakan, pemanfaatan potensi alam Buton menjadi harapan semua pihak. Makanya pelatihan tersebut diharapkan dapat menghasilkan pemandu wisata yang profesional.

- Advertisement -

“Peserta akan dilatih selama lima hari, singkat tapi cukup untuk mengenalkan teluk Pasarwajo sehingga bisa menjadi pemandu wisata alam,” ujarnya.

Dia mengatakan, menjadi pemandu wisata yang profesional punya intensif sebesar Rp 500-600 ribu perhari. Semoga melalui pelatihan ini peserta bisa meningkatkan kualitas diri.

“Pelatihan ini untuk menjadikan pemandu wisata di Kabupaten Buton agar lebih profesional. Potensi sudah ada, dan memang keindahan laut Buton sangat bagus. Makanya jangan di rusak,” katanya.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Buton Laode Zainudin Napa mengatakan, pelatihan ini disiapkan kepada para peserta tingkat dasar. Mereka akan diberikan pelatihan tentang pengenalan laut atau yang disebut open water.

“Kegiatan ini salah satu yang bisa menopang pariwisata di Buton,” ujarnya.

Kata dia, salah satu 10 destinasi wisata di Indonesia adalah Kabupaten Wakatobi. Sehingga posisi kabupaten Buton yang berdekatan akan menjadi penopang bagi turis yang berkunjung ke Wakatobi.

“Laut sumber keindahan untuk dilihat. Para pemandu ini dilatih nanti untuk memelihara keindahan laut,” terangnya.

Dia merinci, 30 peserta yang mengikuti pelatihan akan dilatih selama lima hari. Dengan rincian dua hari materi dan tiga hari praktek. Sehingga nantinya akan menghasilkan pemandu wisata alam sesuai standar kompetensi yang berlaku di Indonesia.

“Bagi peserta yang akan berhenti akan dikenakan denda. Jika sudah selesai maka akan mendapatkan sertifikat,” paparnya.

Baca Juga :  Lelo Uang, Ritual Ungkapan Kebahagian Masyarakat Pasarwajo

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here