PKS Telorkan Tiga Nama Balon Wawali, Salah Satunya Mantan Sekot Kendari

94
Yaudu Salam Ajo

Kendari, Inilahsultra.com – Delapan nama bakal calon (Balon) Wakil Wali Kota Kendari yang mendaftar di Partai Keadilan Sejahtera (PKS) telah selesai melaksanakan proses fit and propertes atau uji kelayakan dan kepatutan.

Dari delapan nama yang sebelumnya bersaing berebut rekomendasi, kini PKS telah mengeluarkan tiga nama yang selanjutnya akan diproses untuk menentukan satu nama dalam perebutan kursi orang nomor dua di Kota Kendari.

- Advertisement -

Ketua Tim seleksi (Timsel) PKS Balon Wawali Kota Kendari Yaudu Salam Ajo mengatakan, tiga nama yang dinyatakan lolos yaitu mantan Sekretaris daerah Kota Kendari sekaligus mantan Alamsyah Lotunani, Adi Jaya Putra merupakan anak darii Bupati Konawe Selatan (Konsel) Surunuddin Dangga dan HS Ali Jabbar.

Sementara yang dinyatakan gugur atau tidak lolos yaitu La Ode Andi Pili, Sarlin Syamsuddin, Zainal Arifin, Sylsiani Mursalim, dan Adnan Husainy.

“Tiga nama yang dipili dan kami keluarkan ini sudah sesuai kaidah dan mekanisme yang berlaku di PKS,” kata Yaudu Salam Ajo saat dihubungi, Senin 17 Juni 2019.

Dalam pelaksanaan tes, lanjut anggota DPRD Sultra ini, ada beberapa poin pertanyaan yang dilayangkan timsel. Pertama tentang kepemimpinan dan penguasaan terhadap masalah-masalah di Kota Kendari, kedua penguasaan terhadap fungsi wakil wali kota apabila terpilih nantin. Sedangkan yang ketiga pengalaman dan prestasi akademik terutama dalam pemerintahan maupun politik yang menjadi bahan pertimbangan.

“Kita putuskan tiga nama karena hampir memenuhi sejumlah unsur dengan berpatokan pada kerangka indikator penilaian yang ditetapkan oleh timsel,” jelasnya.

Sementara Ketua Tim Penjaringan PKS La Yuli mengatakan, ketiga nama yang dinyatakan lolos telah diserakan ke Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS untuk diproses untuk melahirkan satu nama yang akan diteruskan ke partai koalisi.

Baca Juga :  Jokowi Datang, Puluhan Lapak Pedagang di MTQ Kendari Diangkut Pol PP

“Satu yang akan diumumkan PKS kemudian akan diteruskan ke partai koalisi PAN dan PKB untuk dibahas lebih lanjut bersama-sama pimpinan partai atau siapa yang akan dipilih dari tiga nama tersebut,” kata La Yuli, Senin 17 Juni 2019.

Untuk diketahui, ada tiga partai koalisi yang memperebutkan jabatan wakil wali kota yaitu PAN mendorong istri mantan Wali Kota Kendari Adriatma Dwi Putra (ADP) Siska Karina Imran, PKB mengusulkan Rahman Tawulo, dan PKS sementara melakukan proses seleksi balon Wawali Kendari.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here