Kendari Diguncang Gempa 2,9 SR

Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Kota Kendari diguncang gempa bumi tektonik berkekuatan 2,9 SR, Kamis 20 Juni 2019, pukul 19:50:58 WITa.

Hasil analisa BMKG menunjukkan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 3.92 LS dan 122.57 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6.9 km Barat Laut Kendari, Kendari Provinsi Sulawesi Tenggara, pada kedalaman 5 km.

-Advertisement-

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas Sesar Kendari di Barat Laut Kendari,” jelas Kepala Stasiun Geofisika Kendari Rosa Amelia, S.Si dalam rilisnya.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di Kendari II-III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

“Hingga pukul 20.15 WITA, hasil monitoring BMKG menunjukkan belum terjadi aktivitas gempa bumi susulan. Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” tuturnya.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments