Capaian WTP, Buah Kesungguhan dan Komitmen Pemkab Mubar

199
 

Laworo, Inilahsultra.com – Siapa yang menanam, dia yang menuai. Sebuah pepatah yang barangkali tak berlebihan disematkan atas keberhasilan Pemkab Muna Barat meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dalam laporan keuangan Tahun 2018.

Capaian WTP ibarat buah yang dipanen atas pohon komitmen dan kesungguhan pemerintah dalam pengelolaan keuangan daerah.

- Advertisement -

Tentunya, predikat WTP tiga tahun berturut-turut sebuah capaian yang muskil bagi daerah otonomi baru yang beranjak lima tahun.

Namun, usia Mubar yang baru seumur jagung, tak menghalangi meraih penilaian tertinggi atas laporan keuangan tiga kali berturut-turut. Mulai 2016, 2017 dan 2018. Prestasi luar biasa untuk sebuah daerah “bungsu”.

Dalam hal pengelolaan keuangan, SKPD dengan jumlah anggaran yang besar, macam Dinas Pekerjaan Umum, tentu memiliki waktu yang panjang untuk dikuliti BPK terhadap kepatuhan penggunaan anggarannya. Tentu, tanpa menafikan SKPD lainnya.

“Terhadap pencapaian opini WTP atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Mubar 2018, pimpinan dan staf Dinas PU dan PR Mubar mengucapkan syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan kekuatan dan ridho-Nya kepada segenap aparatur penyelenggara negara di Kabupaten Muna Barat,” kata Kepala Dinas PU dan PR Mubar, Karimin.

Pose bersama usai Bupati Muna Barat menerima laporan hasil pemeriksaan BPK RI Perwakilan Sultra dengan predikat WTP.

Baginya, capaian WTP itu tidak luput dari sikap kedisiplinan dan ketegasan bupati Mubar LM Rajiun Tumada sehingga SKPD mampu menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing menuju pengelolaan keuangan negara berjalan secara tertib, taat pada peraturan perundang-undangan, efisien, ekonomis, efektif, transparan, dan bertanggung jawab dengan memperhatikan rasa keadilan dan kepatutan.

“Pencapaian WTP yang ketiga kalinya juga ini adalah bentuk komitmen dan kesungguhan Pemda Mubar dalam hal transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan negara,” katanya.

Selain itu juga, pencapaian ini merupakan bentuk keseriusan La Ode M Rajiun Tumada dalam hal penyelenggaraan negara yang mengedepankan profesionalisme, ketegasan, kedisiplinan untuk mencegah praktik-praktik pengelolaan keuangan negara yang tidak sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku.

Pun, prestasi ini hendaknya jadi pemicu segenap ASN di Mubar khususnya Dinas PU dan PR selaku OPD yang memikul beban terberat dalam pengelolaan belanja modal dan infrasturktur untuk tetap meningkatkan semangat profesionalisme dan memberikan pelayanan prima bagi masyarakat. Serta menghindari praktik-praktik yang bertentangan dengan ketentuan yang berlaku agar inftastukur yang dibangun dapat berkualitas dan dimanfaatkan bagi percepatan pencapaian kesejahteraan rakyat di Mubar.

Tentunya pula, opini WTP ini juga, tidak membuat untuk bereuforia.

“Namun pencapaian ini hendaknya menjadi pelajaran agar kita makin memacu diri untuk belajar dan belajar serta menampilkan kinerja yang semakin baik agar kekurangan kekurangan yang ada dapat diatasi dan opini WTP dapat dipertahankan,” ungkap Karimin.

Untuk itu, Dinas PU dan PR Kabupaten Mubar mengucapkan terimakasih kepada Bupati Muna Barat yang karena kedisiplinan, ketegasan dan arahannya sehingga OPD dapat menjalankan tugas pembangunan infrastruktur di Muna Barat dengan penuh tanggung jawab dan profesional.

Ia pun tak sungkan menyebut, sosok Bupati Muna Barat patut menjadi role model bagi kepemimpinan di daerah khususnya daerah-daerah yang membutuhkan percepatan pembangunan di semua lini. (Advertorial)

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...