Enam Tahun Berdiri, Akhirnya Kolaka Timur Raih WTP Juga

390
Bupati Koltim menerima LHP keuangan dari BPK dengan opini WTP.
Bacakan

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kolaka Timur (Koltim) untuk pertama kalinya berhasil meraih penghargaan predikat opini wajar tanpa pengecualian (WTP) atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) 2018 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia (RI) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra).

-Advertisements-

Penyerahan dokumen LKPD 2018 diberikan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sultra Hermanto kepada Bupati Kolaka Timur Tony Herbiansyah di Kantor BPK Sultra, Senin 1 Juli 2019.

Bupati Koltim Tony Herbiansyah mengatakan, raihan ini berkat kerja keras semua dan bimbingan dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) dengan terwujudnya mendapatkan penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

“Kolaka Timur sangat bersyukur dan berterima kasih atas kerja keras kami dan bimbingan bimbingan BPK sehingga baru tahun ini kami mendapatkan WTP,” jelas Tony Herbiansyah di Kantor BPK Sultra.

Berdiri sejak 6 tahun lalu menjadi daerah otonomi baru (DOB), lanjut Tony, baru kali ini Koltim mendapatkan penghargaan WTP yang selama ini cuma mendapatkan opini wajar dengan pengecualian (WDP) dari BPK RI.

“Ini disebabkan karena sumber daya manusia yang masih kurang, etos kerja juga yang masih kurang. Maka dengan semangat kerja keras tekad kami mendapatkan WTP dapat diwujudkan saat ini,” ungkap Tony.

Lanjutnya, ada beberapa temuan dan koreksi dari BPK untuk dilakukan pembenahan oleh Pemkab Koltim, dan ini merupakan cambuk untuk mempertahankan WTP dengan mendapatkan nilai yang lebih baik lagi.

“Meskipun kita hanya mendapatkan penilaian 73 persen, ini merupakan motivasi buat kami untuk menyamai raihan kabupaten lain dengan angka di atas 80 persen,” jelasnya.

Kepala BPK RI Perwakilan Sultra Hermanto mengatakan, penghargaan yang telah diberikan kepada Kabupaten Konawe, Kolaka Timur, Muna Barat dan Buton Selatan atas pemeriksaan dokumen LKPD telah dilaksanakan sesuai undang-undang dengan tepat waktu.

“Selamat atas raihan WTP kami ucapkan terima kasih atas kerjasamanya, khususnya saat tim kami melakukan pemeriksaan di daerah dan apresiasi atas LKPD yang berjalan sesuai aturan perundang-perundangan yang berlaku,” kata Hermanto di Kantor BPK.

Lanjutnya, BPK mengapresiasi laporan 4 daerah tersebut yang telah berkaloborasi di lapangan dengan menyediakan informasi untuk hal-hal yang diperlukan dalam melengkapi pemeriksaan laporan keuangan.

“Kami mengharapkan penghargaan ini dapat dipertahankan atau lebih ditingkatkan lagi. Semogah tata kelola makin baik dari tahun ke tahun, dan selalu melihag serta memperbaiki setiap catatan yang telah disamlaikan,” harapnya.

Untuk diketahui penyerahan WTP Kabupaten Kolaka Timur bersamaan dengan, Kabupaten Konawe, Kabupaten Muna Barat, dan Kabupaten Buton Selatan.

Penulis : Haerun
Editor : La Ode Pandi Sartiman

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
-Advertisements-
loading...