Jalan Amblas di Sampara Rencananya Dikerjakan Tahun Ini, Anggarannya Rp 20 Miliar

605
 

Kendari, Inilahsultra.com – Jalan amblas di Desa Rawua Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe Utara sedianya akan mulai dikerjakan tahun ini melalui anggaran pendapatan belanja negara (APBN) 2019.

Sebab, status jalan ini merupakan jalan nasional.

- Advertisement -

Kepala Satuan Kerja Balai Pelaksana Jalan Nasional (BPJN) XXI Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR Saiful Rijal mengaku, untuk sementara jalan yang amblas ini akan ditimbun dengan material duku.

Saat ini, lanjut dia, pihaknya telah menurunkan material untuk menimbun jalan yang amblas tersebut.

“Kita upayakan hari ini sudah bisa lewati lagi. Alat berat sementara di jalan menuju ke sini,” katanya ditemui di lokasi longsor, Selasa 2 Juli 2019.

Setelah ditimbun sementara, kendaraan sudah dibolehkan melintas agar kemacetan tidak parah. Namun, kata dia, beban kendaraan juga harus dipertimbangkan.

“Kalau mobil besar baiknya dialihkan ke jalur lain. Cukup kendaraan kecil dulu,” jelasnya.

Ia menyebut, alat berat milik Dinas PU akan disiapkan di lokasi agar seketika tanah mengalami penurunan langsung segera ditimbun.

Hal ini akan dilakukan sampai proses pengerjaan jalan itu dilaksanakan.

Jalan tersebut, lanjut dia, telah dianggarkan dan tinggal menunggu proses lelang di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

“Rencana ini sudah mau lelang. Agustus sudah kontrak supaya pengerjaan jalan segera dilaksanakan,” jelasnya.

Total anggaran yang dialokasikan dalam pembangunan jalan di lokasi longsor ini sekitar Rp 20 miliar.

Ia menyebut, longsor terjadi karena akibat curah hujan yang tinggi hingga menyebabkan kontur tanah labil.

“Kondisi ini sudah setahun lebih. Sekarang sudah dianggarkan. Tinggal lelang, baru kontrak dan selanjutnya dikerjakan. Tahun ini sudah mulai,” tuturnya.

Dalam pengerjaan ini, Balai Jalan akan berkoordinasi dengan Balai Sungai karena salah satu penyebab longsor adanya abrasi yang ditimbulkan oleh meluapnya Sungai Konaweha.

Penulis : La Ode Pandi Sartiman

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...