Penerapan Sistem Zonasi di Wakatobi Berjalan Lancar

266
Aliwangi

Wakatobi, Inilahsultra.com – Penerimaan siswa baru dengan sistim zonasi yang baru pertama kali diterapkan di Kabupaten Wakatobi berjalan lancar.

“Meskipun sistem zonasi pertama kali diterapkan, namun di Wakatobi tetap berjalan seperti biasa. Karena hampir semua perkampungan sudah ada gedung sekolah, semua tingkatan beroperasi,” kata Kepala Dinas (Kadis) Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kabupaten Wakatobi Aliwangi, Rabu 3 Juli 2019.

- Advertisement -

Selain telah memiliki gedung sekolah hampir semua perkampungan, lanjut dia, kualitas pendidikan dan tenaga pendidik pada semua tingkatan sekolah di Wakatobi sudah hampir merata. Sehingga sistem zonasi tidak memberikan pengaruh signifikan seperti daerah lain.

“Kita tinggal menertibkan distribusi guru. Saat ini kita sementara meminta data salt guru disemua sekolah. Setelah itu kita atur distribusinya sesuai kebutuhan,” terangnya.

Aliwangi menyebutkan, jangkauan sistim zonasi yang dimaksudkan saat ini yakni 1 km. Sehingga jika dalam satu perkampungan besar terdapat dua gedung sekolah maka calon siswa tinggal memilih.

Salah satu contohnya di wilayah Mandati Raya. Para siswa tinggal memilih apakah ingin masuk pada SMPN 1 Wangiwangi atau SMPN 3 Wangiwangi Selatan. Pasalnya jarak kedua sekolah tersebut hanya sekitar 1 km.

Reporter: La Ode Samsuddin

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...