5000 Penari Akan Meriahkan Festival Budaya Tua Buton Tahun Ini

1417
Ribuan wanita menampilkan Tari Bosu. Tari ini menggambarkan kebiasaan wanita Buton zaman dulu saat mengambil air menggunakan Bosu (cerek). Tari ini dipadukan dengan sejumlah tari lainnya dalam tari kolosal saat acara Puncak Festival Pesona Budaya Tua Buton, Minggu 26 Agustus 2018.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Festival Budaya Tua Buton ke VII akan digelar pada Agustus mendatang. Sebanyak 5000 penari akan kembali memeriahkan puncak acara nanti.

Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata Buton Laode Zainuddin Napa mengatakan, konsep pelaksanaan Festival Budaya Tua Buton sama seperti rangkaian kegiatan tahun sebelumnya.

- Advertisement -

“Acaranya nanti Pekande-kandea, Sunatan massal (Tandaki), pingitan (Posua), dan acara puncak pagelaran tari kolosal 5000 penari,” terang Zainuddin Napa, Sabtu 6 Juli 2019.

Menurut dia, 5000 penari yang akan ditampilkan pada puncak acara nanti akan menampilkan tiga jenis tarian. Jenisnya itu akan ditentukan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

                       

Festival Budaya Tua Buton rencananya akan dilaksanakan selama lima hari mulai tanggal 19-24 Agustus.

Selain itu, lanjut Zainuddin Napa, masing-masing kecamatan nantinya akan mengikuti lomba fashion show. Mereka akan menampilkan tenunan daerah masing-masing.

Dia menambahkan, pada festival tahun ini juga, sejumlah wisatawan mancanegara dikabarkan akan masuk ke Buton pada tanggal 19 Juli nanti. Mereka akan datang menggunakan kapal yatch.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
2
loading...
                   
                                       
Baca Juga :  Kecamatan Wolowa Gelar Lomba Seni Baca Alquran