Sekda Koltim Ajak OPD Terapkan Germas kepada Masyarakat

162
Sekda Kolaka Timur Eko Santoso saat memberikan sambutan dalam acara pertemuan pertemuan dengan Forum Koordinasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kendari, Inilahsultra.com – Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim) melaui Dinas Kesehatan menggelar pertemuan dengan Forum Koordinasi Pelaksanaan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Kegiatan tersebut, dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Koltim Eko Santoso dan turut dihadiri masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) di ruangan Aula Satpol PP, Jumat 12 Juli 2019.

- Advertisement -

Sekda Kolaka Timur Eko Santoso mengatakan, kegiatan yang dilaksanakan ini merupakan sosialisasi Germas untuk memberikan pemahaman kepada semua pihak agar masyarakat Koltim dapat mewujudkan hidup sehat.

Menurutnya, Germas ini merupakan suatu tindakan yang sistematis dan terencana, dilakukan bersama-sama seluruh komponen dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan sehat untuk meningkatkan kualitas hidup.

“Germas menjadi sesuatu yang sangat penting dan urgensi untuk dilaksanakan, karena jika tidak dilakukan mulai saat sekarang atau sejak dini, dampaknya akan dirasakan di kemudian hari. Suksesnya germas ini tidak hanya peran dari pemerintah, tapi kita butuh peran semua lapisan masyarakat agar menciptakan gerakan masyarakat hidup sehat,” jelas Eko Santoso.

Jika semua OPD dapat menerapkan hidup sehat kepada masyarakat, lanjutnya, maka akan tercipta lingkungan yang bersih serta biaya yang dikeluarkan masyarakat untuk berobat akan berkurang.

“Mari kita selalu mengajak masyarakat untuk hidup sehat dengan melakukan aktivitas fisik 30 menit setiap hari, makan sayur dan buah segar, dan rutin untuk mengecek kesehatn di puskesmas terdekat,” jelasnya.

Penerapan germas ini, lanjut dia, dimulai dari individu lalu dalam keluarga kemudian di lingkungan masyarakat.

“Kita harus mengambil keputusan untuk tindakan kesehatan yang tepat, memberikan kesehatan kepada keluarga yang sakit, suasana rumah harus menguntungkan untuk kesehatan, dan mempertahankan hubungan timbal balik antara keluarga dan fasilitas kesehatan,” jelasnya.

Untuk itu, ia meminta agar germas bisa menjadi pelopor membangun kesehatan maupun kesadaran semua lapisan masyarakat akan pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PBHS).

“Berharap kepada semua OPD lingkup Pemda Koltim bisa menerapkan germas di lingkungan masing-masing agar dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat,” harapnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...