Terlibat Politik Praktis, Camat Kambu Hanya Dijatuhi Sanksi Penundaan Kenaikan Gaji

433

Kendari, Inilahsultra.com – Camat Kambu Kota Kendari La Mili hanya diberi sanksi ringan atas dugaan pelanggaran netralitas aparatur sipil negara (ASN).

Sebelumnya, La Mili terjaring operasi tangkap tangan (OTT) warga saat mendampingi dua caleg Partai Keadilan Sejahtera (PKS) menggelar sosialisasi di Lorong Turikale, Kelurahan Lalolara Kecamatan Kambu Kota Kendari.

- Advertisement -

Kepala Bidang Mutasi Promosi dan Disiplin Pegawai Negeri Sipil BKPSDM Kota Kendari, Machlil Rusmin menjelaskan, La Mili hanya dijatuhi hukuman disiplin sedang berupa penundaan kenaikan gaji berkala selama satu tahun.

“Mengacu pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 53 tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil, dan netralitas ASN. Maka, KASN merekomendasikan hukuman kepada La Mili sanksi sedang,” ungkap Machlil saat ditemui di ruang kerjanya.

Machlil menyebut, pihaknya telah menindak lanjuti Surat Keputusan (SK) dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dengan menerbitkan SK hukuman disiplin sedang yang selanjutnya akan ditandatangani oleh Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) Kota Kendari dalam hal ini Walikota Kendari Sulkarnain Kadir.

“Setelah PPK menandatangani SK itu, La Mili tidak akan menerima gaji secara berkala seperti tunjangan tiap bulan selama satu tahun, dan kalau gaji pokok tetap akan dia terima,” ungkapnya.

Ia menyebut, tak ada sanksi pidana yang diberikan kepada La Mili.

“Sanksi pidana untuk pemecatan terhadap La Mili tidak ada, ini bukan kami yang memutuskan tapi dari rekomendasi Bawaslu ke KASN dan KASN menjatuhkan sanksi dengan direkomendasikan ke pemerintah daerah,” ungkapnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Disdukcapil Mubar Sasar Pulau Lakukan Perekaman e-KTP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here