Makin Marak, TNI Turun Tangan Berantas Begal di Kendari

1852
Beberapa remaja diamankan aparat TNI karena kedapatan minum-minuman keras di samping jalan. Upaya ini sebagai langkah TNI memberantas begal di Kota Kendari.

Kendari, Inilahsultra.com – Aksi begal akhir-akhir ini sangat meresahkan warga Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Bahkan, masyarakat was-was beraktivitas pada malam hari, apalagi menggunakan kendaraan roda dua.

Menjawab dan menindaklanjuti keluhan masyarakat, Kodim 1417/Kendari turun tangan membasmi begal yang sudah meresahkan warga Kendari akhir ini. Tim yang dilibatkan terdiri dari dua pasukan yakni pasukan reaksi cepat (PRC) Gajah Mada dan pasukan siluman Pradabashu.

- Advertisement -

Dua pasukan itu, akan beroperasi setiap malam untuk memburu begal. Perdana, patroli gabungan TNI-Polri Sabtu 13 Juli 2019 – Minggu, 14 Juli 2019 melakukan penyisiran terhadap pergerakan aksi begal, instruksi tembak di tempat diberlakukan oleh Komandan Kodim 1417/Kendari, Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya.

“Pasukan yang diturunkan merupakan Pasukan Reaksi Cepat (PRC) Gajah Mada, yang berjumlah 1 peleton motor, masing-masing personel bersenjata lengkap jenis FNC SS1 untuk melumpuhkan kawanan begal,” tegas Dandim 1417/Kendari, Letkol Cpn Fajar Lutvi Haris Wijaya.

Kata Fajar, patroli gabungan ini untuk pencegahan aksi begal dan merupakan sikap tanggap tegas jajaran Korem 143 Haluoleo atas keluhan masyarakat. Karena aksi sadis dan tidak berprikemanusiaan oleh kawanan begal sudah sangat meresahkan.

“Ketika TNI sudah turun lakukan penindakan, langsung dilumpuhkan atau tembak di tempat,” terang Fajar.

Fajar melanjutkan, selain menyisir wilayah yang sudah disinyalir banyak menimbulkan kerawanan terhadap kawanan begal, patroli gabungan juga menyasar aktivitas miras di sejumlah lokasi.

“Patroli gabungan ini, akan rutin dilaksanakan guna menciptakan kondisi aman kepada masyarakat setelah berbagai aksi pembegalan terjadi di sejumlah lokasi di Kendari,” ujarnya.

Pantauan media ini, patroli gabungan TNI – Polri menjaring beberapa pemuda yang tengah asik pesta miras. Bahkan, ada salah satu pemuda yang terjaring kedapatan membawa senjata tajam jenis badik kuningan.

Puluhan pemuda yang terjaring langsung diamankan oleh kepolisian untuk dilakukan pendataan dan pembinaan.

Penulis : Onno

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...