Sistem Zonasi di Buton Terlaksana Baik

203
Harmin

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Penerapan sistem zonasi di Kabupaten Buton pada tingkat SD dan SMP tahun 2019 dapat terlaksana dengan baik.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Harmin mengatakan, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di wilayah setempat tetap mengikuti Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) berlaku untuk semua jenjang SD dan SMP di Buton.

- Advertisement -

“Secara umum penerapan sistem zonasi ini masih aman, tidak ada laporan keberatan yang masuk di dinas,” ujarnya, Senin 15 Juli 2019.

Kata dia, PPDB untuk tingkat siswa SD dan SMP di seluruh sekolah yang ada di wilayah Kabupaten Buton sudah menggunakan sistem zonasi. Sistem tersebut, menurut Harmin sangat bagus dan wajar diterapkan untuk pemerataan kualitas atau mutu pendidikan.

Dia menjelaskan, zonasi tersebut diterapkan berdasarkan radius wilayah, jarak antara rumah siswa dan sekolah sudah tampil dengan valid dan sudah bisa dilihat.

Penerapan sistem zonasi tersebut akan meringankan peserta didik saat ke sekolah karena para siswa diarahkan memilih sekolah di wilayah yang tak jauh dari rumahnya.

“Untuk penerimaan siswa baru tidak dibatasi hanya diperhatikan sistem jarak dan di Kabupaten Buton tetap diikuti apalagi sesuai ketentuan dari pusat,” paparnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...