Tak Laksanakan Upacara, Sejumlah Kasek di Buton Terancam Kena Mutasi

727
 

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Sejumlah sekolah di Kabupaten Buton ditemukan tidak menggelar upacara bendera, Senin 15 Juli 2019. Padahal, upacara bendera setiap hari Senin merupakan kewajiban.

Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Buton Harmin mengatakan, peristiwa memilukan itu ditemukan Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas).

- Advertisement -

“Kabid Dikdas sebelum ke kantor selalu mengunjungi sekolah-sekolah dan ditemukan ada sekolah yang tidak melaksanakan upacara bendera,” ujar Harmin.

Kata dia, sekolah yang tidak melaksanakan upacara bendera hari ini masih dalam pengamatan dan akan dibina langsung oleh Dinas Pendidikan. Namun tidak menutup kemungkinan akan diberikan teguran dan sanksi

“Saya menyayangkan ada kepala sekolah tidak melaksanakan upacara bendera setiap hari Senin. Padahal upacara itu banyak pembelajaran untuk para peserta didik,” tutur Harmin di ruang kerjanya.

Menurut dia, melalui upacara bendera akan menumbuhkan rasa nasionalisme dan kecintaan anak didik terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Selain itu ada juga pembelajaran tentang baris berbaris yang akan menerapkan disiplin bagi para siswa.

“Makanya upacara bendera ini wajib dilaksanakan setiap Senin. Bukan hanya upacara biasa tapi ada pelajaran di dalamnya,” tuturnya.

Kedepan, ancam Harmin, pihaknya akan memberikan teguran dan peringatan kepada kepala sekolah (Kasek) yang tidak melaksanakan upacara. Tidak menutup kemungkinan kepala sekolah tersebut akan di mutasi.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Komentar
loading...