Tim Kajian Mabes TNI AD Kumpulkan Data Konflik di Buton

137
Bupati Buton La Bakry saat berpose bersama Tim Kajian Mabes TNI AD.

Pasarwajo, Inilahsultra.com – Markas Besar (Mabes) Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat (AD) melakukan kunjungan di Kabupaten Buton untuk mengumpulkan data (Puldata) pascakonflik sosial di Desa Gunung Jaya dan Sampoabalo Kecamatan Siontapina Kabupaten Buton.

Mabes TNI AD menurunkan tim kajian untuk menggelar pertemuan dengan masyarakat dua desa tersebut di Aula Kantor Bupati Buton.

- Advertisement -

Ketua tim kajian Mabes TNI AD, Kolonel Inf. Sudarmadi S.Sos mengatakan, data yang dikumpulkan nantinya menjadi kajian pimpinan tertinggi TNI AD sehingga hal serupa tidak terjadi lagi.

“Judulnya ini peran TNI AD penanganan konflik sosial akibat intoleran dalam rangka menjaga persatuan dan kesatuan,” kata Sudarmadi usai pertemuan bersama Pemkab Buton dan instansi terkait serta perwakilan dari dua desa yang bertikai di Aula Kantor Bupati Buton, Selasa 16 Juli 2019.

Kata dia, kegiatan serupa tidak hanya dilakukan di Buton tetapi di beberapa daerah di Indonesia juga. Selain kementerian, staf TNI AD yang nantinya akan disarankan kepada pimpinan tertinggi TNI AD dalam rangka menentukan kebijakan agar personel lebih efektif menjalankan tugas pencegahan.

Sudarmadi mengakui, terbatasnya personel TNI AD di seluruh Indonesia menyebabkan Babinsa harus membawahi beberapa desa dalam menjalankan tugas. Padahal idealnya, satu Babinsa untuk satu desa.

“Memang kami harus lebih banyak turun ke masyarakat sehingga tahu kalau terjadi perselisihan,” tuturnya.

Mengantisipasi kejadian serupa, tambah Sudarmadi, antara Desa Gunung Jaya dan Sampoabalo akan dibangun posko pengamanan terpadu. Tepatnya di pertigaan kedua desa tersebut. Namun belum dipastikan jadwal pembangunannya.

Tidak hanya itu, Sudarmadi juga mengimbau agar masyarakat jangan terlalu sensitif dalam menyikapi segala sesuatu. Apalagi dengan perkembangan media sosial (Medsos) saat ini, semua harus di cek kebenarannya terlebih dahulu.

Baca Juga :  Aliansi Masyarakat Buton Bersatu Minta Pemerintah Tidak Terprovokasi

“Kabupaten Buton layak di bangunkan Kodim apalagi Pemda sudah menyiapkan tanah hibah,” tambahnya.

Reporter: Wa Ode Yeni Wahdania

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here