Ali Mazi Tinjau Pembangunan Jembatan Bailey di Sampara

767
Gubernur Sultra, Ali Mazi mengecek kondisi jalan longsor di Sampara. (Ewit Kominfo Sultra)

Kendari, Inilahsultra.com – Gubernur Sultra, Ali Mazi meninjau progres pembangunan jembatan Bailey (rangka baja) di Kecamatan Sampara Jumat 19 Juli 2019. Jembatan ini dibangun sebagai solusi putusnya akses jalan nasional yang berada di Kabupaten Konawe.

Saat kunjungan tersebut, Ali Mazi didampingi Ketua DPRD Sultra, Abdurrahman Saleh. Hadir pula Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XXI Kendari, Dr. Ir. Yohanis Tulak Todingrara, Kepala Balai Wilayah Sungai Sulawesi BWS IV Kendari, Haeruddin C Maddi dan Kepala PDAM Kota Kendari, Damin.

- Advertisement -

Ali Mazi mengatakan, kedatangannya hari itu bertujuan memastikan penanganan jalan yang putus akibat longsor oleh instansi terkait berjalan cepat. Dengan begitu jalur transportasi yang menghubungkan beberapa kabupaten di Sultra bisa kembali normal sesuai target.

Di samping itu, pengecekan ini dimaksudkan mengumpulkan data penyebab utama amblasnya jalan Sampara.

“Ini kan transportasi umum bagaimana agar kebutuhan masyarakat bisa jalan normal kembali. abqnyak anaknsekolah lewat. Bersama balai kita kumpul cari solusi pascabanjir ini,” jelas Ali Mazi.

Hasil pemantauan lapangan bersama tim, Ali Mazi mengatakan longsornya jalur jalan nasional tidak hanya disebabkan oleh pipa PDAM yang bocor. Melainkan ada aliran sungai-sungai kecil yang melalui sedimen tanah persis di bawah akses jalan Sampara.

“Ada sungai kecil ternyata di bawah itu. Aliran kecil ini yang bikin longsor,” ucap Ali Mazi.

Hasil kunjungan ini, lanjut Ali Mazi selanjutnya menjadi bahan laporan Pemprov Sultra terkait rencana penanganan jangka panjang akses jalan Sampara yang jebol pascabanjir.

Terpisah, Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional XXI Kendari, Dr. Ir. Yohanis Tulak Todingrara menyatakan pemasangan jembatan Bailey di jalur Sampara mencapai panjang 60 Meter. Proses konstruksi ini akan berjalan selama 10 hari ke depan.

“Sudah ada jalur alternatif yang telah disiapkamn. Kami sampaikan ke masyarakat dan pengguna jalan karena selama pemasangan akses jalan akan ditutup,” jelasnya.

Penulis : Siti Marlina

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
loading...