Kepala DLHK Kota Kendari Nilai Denda Buang Sampah Bukan Solusi

33
Kadis DLHK Kota Kendari

Kendari, Inilahsultra.com – Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Kota Kendari Paminuddin menilai, pemberlakuan denda bagi warga yang ditemukan membuang sampah sembarangan bukan solusi yang tepat untuk menangani persoalan sampah.

“Jika denda sampah diberlakukan bisa saja setelah menindak warga hari ini, berikutnya pasti ada lagi yang melanggara, ini karena kurangnya kesadaran dan kepedulian warga kita untuk membuang sampah pada tempatnya,” kata Paminuddin di kantornya, Jumat 19 Juli 2019.

- Advertisement -

Seharusnya, lanjut Paminuddin, yang harus dilakukan adalah mengedukasi masyarakat melalui sosiaisasi buang sampah pada tempatnya dan sesuai jadwal yang telah ditentukan.

“Ini yang sangat penting untuk kita lakukan di tengah-tengah masyarakat supaya ada pemahaman masalah sampah ini,” jelasnya.

“Jika edukasi tentang sampah terus dilakukan, pasti akan menimbulkan kesadaran kepada warga Kota Kendari untuk mengolah sampah dengan baik,” tambahnya.

Lanjutnya, jika perda sampah ini akan diterapkan, maka pasti memerlukan waktu yang lama. Sebab, sebelum memberlakukan denda tersebut, pasti sebelumnya dilakukan sosialisasi.

“Memang kami akui sosialisasi denda penting juga untuk dilakukan kepada masyarakat, tetapi prosesnya cukup lama dan memakan waktu. Jadi, menurut saya denda sampah ini bukanlah satu-satunya solusi untuk menangani masalah sampah,” tutupnya.

Penulis : Haerun

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
Baca Juga :  Pemkot Kendari Taksir Kerugian Akibat Banjir dan Longsor Rp 1 Miliar

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here