Rajiun Terus Genjot Perkembangan Terminal Baru Bandara Sugimanuru

271
Pemkab Mubar terus meningkatkan pembangunan Bandara Sugi Manuru

Laworo, Inilahsultra.com – Bupati Muna Barat LM Rajiun Tumada terus menggenjot pembangunan perkembangan terminal baru Bandar Udara (Bandara) Sugi Manuru.

Beberapa sarana yang dibangun oleh Pemda Mubar adalah terminal baru bandara penaatan infrastruktur jalan, pembangunan lahan parkir, dan ruang tunggu Bandara Sugimanuru.

- Advertisement -

Kepala Bidang SDA Dinas PU Mubar, Surachman mengatakan,  keberadaan Bandara Udara Sugi Manuru di Kecamatan Kusambi merupakan aset vital yang dimiliki Pemda Mubar yang diharapkan dapat menambah pendapatan asli  daerah (PAD).

Hal itu, kata dia, sebagai implementasi amanah UU No 14 Tahun 2014 tentang Pembentukan Kabupaten Muna Barat di Provinsi Sulawesi Tenggara pada pasal 14 ayat 7 poin (a) tentang Barang Milik Kabupaten Muna yang bergerak dan tidak bergerak dan/atau yang dikuasai atau dimanfaatkan oleh Pemerintah Kabupaten Muna Barat yang berada dalam wilayah Mubar

“Oleh karena itu Bupati Muna Barat La Ode M Rajiun Tumada terus menggenjot pembangunan Bandar Udara Sugi Manuru termasuk dukungan konektivitas dari dan menuju bandar udara tersebut,” kata Surachman kepada jurnalis Inilahsultra.com, Jumat 19 Juli 2019.

Menurutnya, pembangunan itu adalah salah satu sektor penunjang dan pendukung dalam rangka kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Mubar bidang ekonomi.

Selain itu, lanjut Koordinator media center PU Mubar ini, Pemda Muna Barat secara bertahap akan meningkatkan struktur ring road Kota Laworo dengan spesifikasi Laston AC-BC yang merupakan jaringan jalan kolektor primer di jantung Kota Laworo.

Sebagai bentuk komitmen sang pelopor Pembangunan Muna Barat, apa yang ditata dan peningkatan infrastruktur itu adalah untuk menjadikan Bandar Udara Sugi Manuru sebagai salah satau bandara utama setelah Bandara Halu Oleo Kendari.

Untuk memantapkan dukungan konektivitas dimaksud Pemda Mubar, kata dia, saat ini telah mengusulkan agar ruas Jalan Matarawa-Kusambi-Guali menjadi Jalan Nasional sehingga penanganannya akan ditangani langsung pemerintah pusat.

Baca Juga :  Tenun Liangkabori Meriahkan Karnaval HUT Sultra

“Maka Pemda Muna Barat terus meyakinkan Kementerian Perhubungan RI untuk menambah fasiltas bandara dan perpanjangan runway sehingga dapat dipakai oleh jenis pesawat berbadan besar,” jelas Surachman.

Program ini, sebut dia, sejalan dengan semakin gencarnya tingkat kunjungan wisatawan nasional maupun internasional yang berkunjung di bumi 1001 Pesona Mubar itu.

Penulis : Muh Nur Alim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry
1

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here