Keindahan Wisata Tersembunyi Pantai Bungin Pingunan Pulau Towea di Muna

308
Keindahan pasir timbul di Pulau Towea Kabupaten Muna.

Laworo, Inilahsultra.com – Salah satu destinasti wisata tersembunyi di Kabupaten Muna yang tak banyak diketahui oleh masyarakat adalah Pantai Bungin Pingunan.

Pantai ini terletak di Pulau Towea, Kecamatan Towea Kabupaten Muna.

- Advertisement -

Untuk ke sana, wisatawan atau pengunjung melalui penyebrangan dermaga Feri Tampo dengan menggunakan kapal katinting.

Jarak tempuh untuk ke sana pun hanya memakan waktu kurang lebih satu jam dengan ongkos Rp 10 ribu per orang.

Dataran hamparan pasir Pantai Bungin Pinungan sendiri memiliki ukuran yang sangat luas dan panjang. Warga yang mendiami Pulau Towea biasa menyebut sebagai pasir usung (pasir timbul).

Objek wisata yang satu ini masih belum banyak orang tahu apalagi dari luar daerah Kabupaten Muna. Selain itu nama Pantai Bungin Pingunan ini punya makna tersendiri bagi warga setempat.

Menikmati keindahan Pasir Timbul di Pulau Towea Kabupaten Muna.

Pinungan adalah buah berwarna kuning sebesar zaitun, yang tumbuh berjejer di sepanjang tepi pantai. Sementara yang disebut bungin adalah daratan pasir memanjang sejauh beberapa kilometer yang baru muncul ketika air surut.

“Kalau kita di sini sebut pasir timbul. Tidak juga semuanya dia tutupi pasir kalau air laut naik. Tapi kalau air laut surut, hamparan pasir pasti kelihatan,” Kata Sukamto warga Pulau Towea saat berbincang-bincang di vila pantai Bungin Pingunan, Sabtu 20 Juli 2019.

Keindahan pemandangan pantai ini ikut didukung dengan keberadaan pohon mangrove yang berjejer pada bibir pantai. Ada juga jembatan selevi , gazebo dan vila yang disiapkan untuk para wisatawan yang ingin bermalam.

Jurnalis Inilahsultra.com turut menikmati langsung keindahan alam Pulau Towea dengan segala keindahan pesona air laut yang jernih, hamparan pasir putih yang bersih dan alam yang masih indah dipandang mata.

Baca Juga :  Ali Mazi Apresiasi Festival Budaya Tua Buton

Semilir angin sepoi-sepoi di pulau nan eksotik ini seakan menghempaskan lelah seketika.

Bagi yang punya pasangan, dalam perjalanan saat tiba di dermaga pulau Towea, untuk menjangkau pantai Bungin Pingunan itu, wisatawan bisa menggunakan jasa warga yang menyediakan kendaraan bermotor.

Sepanjang perjalanan akan menikmati perkebunan jambu mete dan beberapa bangunan bersejarah peninggalan Belanda.

Pulau Towea sebelumnya merupakan salah satu tempat yang ditunjuk dijadikan adegan pembuatan film “Jembatan Pensil” yang diperankan langsung oleh artis ternama Indonesia yakni Kevin Yulio.

Penulis : Muh Nur Alim

Facebook Comments
Like
Like Love Haha Wow Sad Angry

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here